Advertisement

Bukan Lagi Rumah Supit, Mbah Djono Kini Jadi Warung Kuliner Ndeso

Galih Eko Kurniawan
Rabu, 14 September 2022 - 12:37 WIB
Galih Eko Kurniawan
Bukan Lagi Rumah Supit, Mbah Djono Kini Jadi Warung Kuliner Ndeso Menu di Warung Mbah Djono, Bantul. - Harian Jogja - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Setelah kondang jadi tempat bong supit atau juru sunat Mbah Djono selama dua generasi dari 1943 sampai 2006, kini Aloria Hanita dan Iga Mawarni menyulap rumah itu menjadi pusat kuliner dan jajanan ndeso.

Berada di Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Bantul, tepatnya di timur kompleks perkantoran Pemerintah Kabupaten Bantul, Ria, sapaan akrab Aloria, dan Iga tetap mempertahankan bangunan seperti aslinya.

“Mulai lantainya, ruangan-ruangan sampai ventilasinya semua masih sama,” tutur Ria, pemilik sekaligus pengelola Warung Mbah Djono, dalam rilis kepada Harian Jogja, Rabu (14/9/2022).

Ria menceritakan kerja samanya dengan Iga, yang dikenal sebagai seorang penyanyi jaz. Dia mengaku kenal Iga sejak sekolah di Solo, Jawa Tengah. Lalu, keduanya bertemu lagi di Jogja, kota yang kini sering ditinggali Iga.

Sebagai pusat kuliner dengan menu tradisional sisi selatan Jogja, Warung Mbah Djono yang beroperasi sejak Juli 2022 memiliki beragam hidangan. Setidaknya ada 30 item makanan, minuman maupun kudapan yang dijual mulai dari harga Rp3.000 sampai Rp25.000.

Bukai dari pukul 07.00 WIB sampai 14.00 WIB, ada menu makanan berat secara prasmanan maupun dipesan, seperti mangut lele kuning, sop empal-paru, ayam kremes, trancam, brongkos sampai bubur sayur.

Iga menambahkan warungnya tak cuma menyajikan menu tradisional Jawa tetapi ada pula yang kebarat-baratan. “Seperti permintaan pelanggan. Ada kudapan seperti sandwich dan poffertjes,” ucap penyanyi jaz itu.

Untuk jenis minuman ada wedang seruni yang merupakan olahan sereh, jeruh nipis dan jahe. Lalu ada juga aneka kopi, teh tarik, teh kerampul yang diolah dengan jeruk peras khas Solo serta wedang jahe.

Sekitar 1,5 bulan beroperasi, warung Mbah Djono sudah mulai mendapatkan pelanggan dalam kota maupun luar kota. Berbagai kalangan, seperti komunitas motor, sepeda dan anak muda juga jadi pelanggannya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

40 Pos Ronda di Banyumas Ikuti Lomba Pos Ronda Beda Masa Satu Rasa

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement