Advertisement

Tekan Inflasi, DIY Segera Salurkan Rp7 Miliar untuk Masyarakat

Sunartono
Jum'at, 16 September 2022 - 19:17 WIB
Budi Cahyana
Tekan Inflasi, DIY Segera Salurkan Rp7 Miliar untuk Masyarakat Ilustrasi - Antara/Aswaddy Hamid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY segera menyalurkan Rp7 miliar atau 2% dari dana alokasi umum (DAU) untuk masyarakat dalam bentuk bantuan sosial maupun program bantuan bentuk lain. Distribusi bantuan ini akan dilakukan untuk menekan angka inflasi DIY yang di atas rata-rata nasional. 

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menjelaskan inflasi DIY berada di angka 5,5 sehingga harus ada intervensi bersama dengan kabupaten dan kota. Beberapa hal yang menjadi pemicu utama inflasi saat ini ada sembako, makanan, dan harga tiket pesawat. 

“Inflasi DIY cukup tinggi berada di atas rata-rata nasional 5,5 sehingga perlu ada intervensi untuk menurunkan. Yang andil cukup banyak, sembako, makanan, juga harga tiket pesawat, tiket,” katanya di Kepatihan, Jumat (16/9/2022). 

Pemda DIY menyiapkan anggaran Rp7 miliar yang akan disalurkan ke masyarakat dengan menyasar mereka yang belum mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat. Bantuan ini hanya untuk melengkapi dari program bantuan tunai yang sudah dikucurkan. “Mereka yang berhak menerima kriterianya harusnya mendapatkan tetapi belum mendapatkan dari pusat,” katanya. 

BACA JUGA: Proyek Tol Jogja YIA, Warga Gamping Sleman Sebut Tanah di Utara Rel Kereta Api Sudah Diukur

Adapun bentuk bantuannya baru akan dirumuskan. Sejumlah alternatif misalnya dengan melakukan operasi pasar menyasar kalangan warga kurang mampu, bantuan gratis ongkos kirim bagi pelaku UMKM, serta bentuk bantuan lainnya. 

“Kalau ongkir yang sudah ada lewat UMKM, tinggal teruskan itu. Kami berikan bantuan juga untuk operasi pasar supaya daya beli masyarakat tetap terjaga. Bisa juga untuk meringankan angkutan umum. Prinsipnya mereka yang terdampak dari kenaikan BBM,” ucapnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hubungan dengan Keluarga Merenggang, Pria Ini Kencingi Makam Mantan Istri Setiap Hari

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement