Advertisement

2022, Bantul Dapat Kuota 510 Formasi ASN

Ujang Hasanudin
Selasa, 20 September 2022 - 12:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
2022, Bantul Dapat Kuota 510 Formasi ASN Ilustrasi. - Antarafoto

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemerintah Kabupaten Bantul resmi menerima kuota penerimaan calon Aparatur Sipil Negara (ASN) sebanyak 510 untuk formasi tahun ini. Formasi yang dibuka ini semuanya adalah Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja atau PPPK.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul, Helmi Jamharis mengatakan kepastian penerimaan calon ASN Bantul tersebut melalui surat keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Nomor 469 tertanggal 6 September 2022. Surat yang diterima pada 13 September 2022 tersebut menyebutkan kuota ASN untuk Bantul sebanyak 510 formasi.

Advertisement

“Rinciannya formasi untuk guru sebanyak 396 orang, tenaga kesehatan 104 orang, dan tenaga teknis sebanyak 10 orang. Jadi totalnya 510 formasi. Semuanya kategori PPPK,” kata Helmi, saat dihubungi Selasa (20/9/2022).

Meski demikian terkait kepastian pembukaan penerimaan calon ASN ini, pihaknya belum mendapatkan petunjuk teknis (Juknis) maupun petunjuk pelaksnaannya (Juklak). Berdasarkan informasi yang ia peroleh dari Kemenpan-RB, petunjuk teknis penerimaan ASN baru akan keluar pada pekan ketiga atau pekan keempat bulan ini.

Baca juga: Pemerintah Buka Lowongan 530.028 ASN Tahun Ini

“Juknis, Juklak dan mekanisme bagaimana tata cara rekrutmen ASN PPPK ini kami masih menunggu arahan dari Kemenpan-RB,” ujarnya.

Analis Kepegawaian Muda, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bantul, Jazari Hisyam menambahkan jumlah 510 formasi PPPK sesuai dengan jumlah yang diusulkan BKPSDM. “Semuanya PPPK karena yang dibuka lowongan dari Kemenpan-RB tahun ini semuanya adalah PPPK,” katanya.

Menurutnya jumlah yang diusulkan hanya 510 formasi karena harus disesuaikan dengan kondisi anggaran Pemkab Bantul untuk belanja pegawai. Jumlah tersebut juga sudah sesuai dengan jumlah ASN yang pensiun tahun ini sekitar 500 orang.

Jumlah ASN baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun PPPK di Bantul saat ini ada sekitar 7.000an lebih. Sebenarnya, kata dia, kebutuhan ASN masih cukup banyak. Namun pihaknya perlu menyesuaikan dengan kemampuan anggaran belanja pegawai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement