Advertisement

Pengunjung Keluhkan Akses ke Pantai Widodaren, Masih Berbatu dan Kadang Licin

David Kurniawan
Rabu, 21 September 2022 - 13:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pengunjung Keluhkan Akses ke Pantai Widodaren, Masih Berbatu dan Kadang Licin Salah seorang warga melintas di jalur menuju Pantai Widodaren di Kalurahan Kanigoro, Saptosari. Rabu (21/9/2022). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Pengunjung dan pelaku wisata mengeluhkan kondisi jalan menuju Pantai Widodaren di Kalurahan Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul. Diharapkan ada upaya perbaikan sehingga akses menuju lokasi wisata menjadi lebih mudah.

Salah seorang pengunjung di Pantai Widodaren, Dedy Setiawan mengetahui keberadan destinasi pantai Widodaren melalui media sosial. Ia pun penasaran sehingga melakukan kunjungan wisata ke pantai ini. “Tempatnya bagus karena ada perpaduan tebing dengan hamparan pasir putih di lokasi,” kata Dedy, Rabu (21/9/2022).

Meski demikian, ia memberikan catatan terkait dengan kondisi akses yang dinilai masih butuh perbaikan. Pasalnya, jalan menuju lokasi yang jaraknya sekitar dua kilometer basih berupa bebatuan.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

“Pengunjung harus berhati-hati karena jalannya belum diaspal atau dicor dan kondisinya juga tidak rata,” katanya.

Baca juga: Penataan Kawasan Pantai Gunungkidul Sengaja Dihentikan, Kapan Dilanjutkan?

Menurut dia, pada saat kering tidak begitu masalah karena jalannya tidak licin. Namun pada saat hujan, para pengunjung harus lebih berhati-hati saat menuju lokasi.

Dedy berharap ada upaya perbaikan guna menunjang pengembangan destinasi wisata di Pantai Widodaren. Peningkatan pengunjung tidak hanya dirasakan oleh warga sekitar yang membuka usaha, namun Pemkab Gunungkidul juga merasakan karena masuk destinasi sudah ditarik retribusi Rp5.000 per orang.

“Ya kalau aksesnya bagus, pasti pengunjung yang datang bisa lebih banyak lagi,” katanya.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Lurah Kanigoro, Suroso. Menurut dia, akses ke Pantai Widodaren masih butuh perbaikan karena jalannya belum memenuhi standar.

Advertisement

“Jalannya masih berupa tatanan batu yang belum diaspal dan ini menjadi masalah sendiri dalam upaya pengembangan,” katanya.

Suroso berharap ada bantuan dari pemkab untuk upaya perbaikan. Pasalnya, Pemerintah Kalurahan tidak memiliki anggaran untuk membangun jalan tersebut. “Statusnya masih jalan desa. tapi, kalau kami harus membangun jelas tidak mampu sehingga ada upaya bantuan dari pemkab,” katanya.

Dia menyakini dengan semakin bagusnya akses maka perkembangan destinasi akan berjalan dengan cepat sehingga Pantai Widodaren bisa lebih terkenal lagi. Terlebih lagi, juga sudah ada upaya pemasangan listrik untuk memberikan kemudahan bagi para pengunjung.

Advertisement

“Untuk listrik tidak ada masalah karena sudah mulai dipasang instalasi. Sedangkan untuk jalan masih jadi pekerjaan yang harus diselesaikan karena belum ada upaya pembangunan,” katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejari Purwokerto Tangkap Buronan Kejati Maluku Utara

News
| Kamis, 29 September 2022, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement