Advertisement

Penataan Kawasan Pantai Gunungkidul Sengaja Dihentikan, Kapan Dilanjutkan?

David Kurniawan
Senin, 18 Juli 2022 - 20:27 WIB
Arief Junianto
Penataan Kawasan Pantai Gunungkidul Sengaja Dihentikan, Kapan Dilanjutkan? Ilustrasi kawasan pantai Gunungkidul. - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL -- Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul, Muhammad Arif Aldian mengatakan program penataan kawasan pantai sudah dilakukan beberapa tahun lalu dengan sasaran di Kawasan Pantai Drini di Kalurahan Banjarejo, Tanjungsari.

Meski demikian, program ini belum tuntas karena pelaksanaan terhenti karena dampak dari pandemi Covid-19. “Akan dilanjutkan lagi untuk tahun-tahun ke depan. Ini baru dalam proses perencanaan,” katanya, Senin (18/7/2022).

Advertisement

Menurut dia, penataan membutuhkan kajian yang mendalam sehingga tidak menimbulkan polemik di masyarakat. Oleh karenanya, untuk pelaksanaan belum menetapkan titik pantai mana yang akan dikerjakan. “Masih sebatas gambaran umum,” katanya.

BACA JUGA: Harian Jogja Siap Jelajahi Jalur Pansela Jateng-DIY, Calon Primadona Pulau Jawa

Aldian berharap pelaksanaan penataan ada dukungan dari masyarakat. Hal ini dilakukan untuk keselamatan karena kawasan sempadan pantai sangat berisiko, khususnya pada saat terjadi gelombang tinggi.

Menurut dia, batas sempadan pantai dibuat untuk mengurangi risiko sehingga kawasan ini harus bebas dari berbagai bangungan. Selama belum dilakukan penataan, di beberapa lokasi pantai sudah ada pemasangan papan titik sempadan.

“Harapannya bisa dipatuhi karena lokasinya sangat berisiko karena bisa terjadi menimbulkan kerusakan pada saat terjadi gelombang tinggi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement