Advertisement

Selamat! Sleman Terima Penghargaan dari Sri Mulyani Atas Capaian Opini WTP

Anisatul Umah
Kamis, 22 September 2022 - 22:47 WIB
Bhekti Suryani
Selamat! Sleman Terima Penghargaan dari Sri Mulyani Atas Capaian Opini WTP Pemkab Sleman - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman menerima penghargaan atas capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani kepada Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, di Kantor Kementerian Keuangan, Kamis (22/9/2022).

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyampaikan rasa syukur selepas menerima penghargaan ini. Menurutnya keberhasilan ini akan memicu semangat ASN Kabupaten Sleman untuk terus meningkatkan kualitas pelaksanaan pemerintahan di Sleman.

"Alhamdulillah, ini tentu menjadi kebanggan bagi Kabupaten Sleman menerima Penghargaan Pemerintah Republik Indonesia atas Capaian Opini WTP minimal 10 kali berturut-turut," paparnya.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Capaian ini tidak membuat Pemkab Sleman lantas berpuas diri, namun menjadi motivasi untuk menjaga dan meningkatkan performa kinerja pemerintah. Khususnya di dalam mengelola pelaporan keuangan pemerintah.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, ada 500 pemerintah daerah yang meraih opini WTP untuk tahun 2022, baik untuk kategori 5 tahun, 10 tahun, maupun 15 tahun berturut-turut.

"Ini adalah pencapaian yang luar biasa, kalau kita lihat perjalanan Indonesia dalam membangun tata kelola keuangan negara dan keuangan daerah secara akuntabel, transparan, bertanggung jawab," ungkapnya.

BACA JUGA: Begini Modus Pidana Pajak 2 Warga DIY yang Rugikan Negara Hampir Rp100 Miliar

Selain capaian dari sisi audit menurutnya ada hal penting lain terkait pemanfaatan APBN dan APBD agar bermanfaat, sebagai instrumen keuangan di pusat dan daerah. "Dalam memecahkan masalah yang dihadapi bangsa dan negara Indonesia," lanjutnya.

Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan, Hadiyanto mengatakan rakernas akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah kali ini bertujuan untuk memberi apresiasi atas raihan opini WTP. Mewujudkan penguatan kualitas akuntabilitas keuangan dan kinerja pemerintah pusat dan daerah.

Advertisement

"Serta meningkatkan awareness dan menjaga komitmen dalam percepatan pemulihan dan kebangkitan ekonomi nasional," ungkapnya. 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Pengunjung FKY Tembus 39.000 Orang

Pengunjung FKY Tembus 39.000 Orang

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Freeport Indonesia Buka Lowongan Kerja, Gajinya Tak Main-Main!

News
| Minggu, 25 September 2022, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Ada Paket Wisata ke Segitiga Bermuda, Uang 100% Kembali Jika Wisatawan Hilang

Wisata
| Minggu, 25 September 2022, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement