Advertisement

Pembebasan Lahan Kawasan Borobudur Highland Ditarget Rampung Tahun Ini

Catur Dwi Janati
Jum'at, 23 September 2022 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
Pembebasan Lahan Kawasan Borobudur Highland Ditarget Rampung Tahun Ini Wisatawan menikmati panorama di Desa Wisata Nglinggo yang berada di Dusun Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulonprogo. - IG @bernadettakrizma

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO -- Pembebasan lahan akses jalan menuju kawasan wisata Borobudur Highland ditargetkan tuntas tahun ini. Bila pembebasan lahan ini bisa berjalan sesuai target, pembangunan akses jalan menuju Habibie Highland bakal mulai digarap pada 2023.

Direktur Utama Badan Otorita Borobudur (BOB), Indah Juanita menjelaskan saat ini proyek pembangunan akses jalan menuju Borobudur Highland masih berada pada tahap pembebasan lahan.

"Proyek Borobudur Highland mudah-mudahan tahun ini selesai semua masalah pertanahannya, karena sudah ditangani juga oleh Pak menteri," jelasnya dikutip pada Jumat (23/9/2022).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Secara mendetail, Indah menerangkan dalam tahapan pembebasan lahan, pihaknya telah melakukan tata batas di lapangan. Setelahnya, pembebasan lahan tinggal menunggu pendanaan dari Kementerian PUPR. Nantinya, lahan yang dibebaskan akan dibangun jalan sepanjang kurang lebih tujuh kilometer yang membentang dari Pasar Plono hingga Desa Wisata Nglinggo.

"Kalau proses jalan belum, tapi kalau untuk progres persiapannya perencanaannya sudah siap, terus tinggal pembebasan lahannya yang di kiri kanannya," kata dia.

BACA JUGA: Hakim Agung Terkena OTT KPK Ternyata Lulusan Padmanaba dan UII Jogja

Indah menjelaskan BOB merencanakan satu kawasan pariwisata yang bisa menjadi pemicu pembangunan ekonomi di sekitarnya. BOB disebutkan Indah sudah mengkaji bagaimana caranya supaya proyek yang digarap ini menimbulkan manfaat bagi tiga Kabupaten di sekitarnya.

"Jadi itu ada analisis dampak ekonomi dan sosial. Jadi bagaimana penyerapan tenaga kerja bagaimana peningkatan PAD-nya dan juga PDRB-nya," jelasnya.

Di sisi lain, sosialisi kepada sejumlah stakeholder di lokasi calon pembangunan akses jalan pun mulai dilakukan bertahap.

Advertisement

"Dari kecamatan sudah [sosialisasi]. Nanti tinggal di Kalurahan di sana dan penduduk. Karena kan memang bagi mereka juga menguntungkan kalau jalannya di lebarin," ujarnya.

Bila pembebasan lahan rampung sesuai target, maka pada 2023 pembangun jalan akan dimulai. "Jadi nanti mohon maaf apabila ada ketidaknyamanan sementara kalau bikin jalan, ketidaknyamanan itu akan ada. Seperti sekarang ini listrik mau masuk, pasti ada ketidaknyamanannya karena sebentar-sebentar mati," lanjutnya.

"Tapi Insyaallah ada kurun waktunya. Setelah itu berjalan, tentu manfaatnya akan banyak kepada masyarakat," tambahnya.

Advertisement

Ikhwal pembangunan penginapan atau resort di kawasan Borobudur Highland, Indah menjelaskan pembangunan akan dilakukan bertahap.

Menurutnya investor baru kemungkinan masuk pada akhir 2023 setelah proyek pembangunan jalan rampung. "Kalau yang investor Insyaallah akhir 2023 baru masuk. Karena kan nunggu jalannya sudah ada, badan jalan, baru bisa masuk proyek," terangnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Presiden Jokowi Nyatakan Penyaluran BLT BBM mencapai 95,9 persen

News
| Selasa, 27 September 2022, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement