Advertisement

Tarif Masuk Kebun Buah Mangunan Bantul Naik Rp2.000

Ujang Hasanudin
Jum'at, 30 September 2022 - 20:17 WIB
Budi Cahyana
Tarif Masuk Kebun Buah Mangunan Bantul Naik Rp2.000 Wisatawan berkunjung ke Pinus Sari Mangunan, Selasa (3/5/2022). - Anisatul Umah/Harian Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemerintah Kabupaten Bantul menyesuaikan tarif objek wisata yang dikelola oleh Pemkab Bantul melalui Peraturan Bupati (Perbup) No.74/2022. Dalam perbup tersebut, retribusi masuk wisata Kebun Buah Mangunan yang dikelola oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) akan lebih mahal. Sementara objek wisata lainnya masih tetap sama.

Kenaikan tarif retribusi Kebun Buah Mangunan yang berlokasi di Dusun Sukorame, Kalurahan Mangunan, Kapanewon Dlingo, sebesar Rp2.000. “Naiknya tidak banyak, hanya Rp2.000, saya kira masih terjangkau,” kata Kepala DKPP Bantul, Joko Waluyo, saat dihubungi Jumat (30/9/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Tarif lama untuk masuk Kebun Buah Mangunan Rp4.750 yang dibulatkan menjadi Rp5.000 termasuk asuransi untuk satu orang di hari biasa. Sementara di hari libur tarifnya Rp5.750 yang dibulatkan Rp6.000 termasuk asuransi.

Sementara tarif baru yang berlaku saat ini untuk hari biasa Rp6.750 yang dibulatkan menjadi Rp7.000 termasuk asuransi dan untuk hari libur atau saat ada event wisata sebesar Rp7.750 atau Rp8.000 termasuk asuransi.  

Joko mengatakan selama ini tarif retribusi untuk masuk kawasan wisata Kebun Buah Mangunan masih kecil dibandingkan dengan objek wisata lain. Karena itu perlu adanya penyesuaian tarif, terlebih saat ini kebutuhan akan perbaikan layanan dan kebutuhan lain juga meningkat.  

Apalagi saat ini Pemkab Bantul telah menyatakan dukungannya dengan mengaspal akses jalan di Kebun Buah Mangunan. Dengan demikian, pengunjung akan lebih mudah ke sana, terlebih jalan yang menikung juga direkayasa sehingga tidak menyulitkan pengendara. Pengunjung baik yang datang dengan sepeda motor maupun bus bisa nyaman datang ke sana.  

“Jalan sudah halus, tikungan tidak begitu tajam lagi, parkir juga tidak bayar sampai seterusnya. Jadi saya kira kenaikan ini sangat wajar,” ujarnya.

BACA JUGA: Eks Hollywings di Sleman Kembali Beroperasi dengan Nama Baru

Advertisement

Kebun Buah Mangunan adalah salah satu objek wisata alam di Mangunan yang berlokasi di Dusun Sukorame, Kalurahan Mangunan, Kapanewon Dlingo. Kebun Buah Mangunan buka sejak pukul 05.00 pagi sampai malam hari. Bahkan wisatawan bisa menginap atau kamping.

Wisatawan disuguhkan hamparan gugusan perbukitan dan awan. Saat senja bisa melihat Matahari tenggelam dari ketinggian. “Di sana kalau pagi itu seperti di atas awan. Terus kalau sore bisa melihat sunset,” kata Joko.

Selain perbaikan sarana dan prasarana pembangunan jalur, DKPP Bantul juga terus memperbanyak jenis buah yang ditanam untuk dinikmati wisatawan. Joko optimistis kunjungan ke Kebun Buah Mangunan kembali meningkat setelah dua tahun lebih dihantam Covid-19. 

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Film Strangers with Memories Ajak Masyarakat Gunakan Transportasi Publik

News
| Rabu, 30 November 2022, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement