Advertisement

Ada Pesta Boneka di Sleman, Catat Jadwal Acaranya

CRY22
Selasa, 04 Oktober 2022 - 23:37 WIB
Bhekti Suryani
Ada Pesta Boneka di Sleman, Catat Jadwal Acaranya Salah satu acara di event pesta boneka yang digelar di Sleman - Ist/Dokumentasi Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMANPesta Boneka kembali digelar tahun ini di Sleman. Kegiatan ini merupakan event internasional yang sudah digelar sejak 2008, namun sempat vakum tiga tahun karena pandemi Covid 19. Tahun ini, Pesta Boneka digelar sejak tanggal 3-9 Oktober 2022 secara hybrid yaitu online dan offline.

Pesta Boneka diselenggarakan oleh Papermoon Puppet Theatre. Papermoon Puppet Theatre telah didirikan sejak April 2006 di Jogja, oleh Co-Artistic Director Maria Tri Sulistyani (Ria), dan Co-Artistic Director Iwan Effendi. Mereka bekerja dengan sekelompok pencerita diantaranya Anton Fajri, Pambo Priyojati, Beni Sanjaya, Muhammad Alhaq, dan Hardiansyah Yoga.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Rini Wahyu Hestari Sub Koordinator Atraksi Wisata dan Ekonomi Kreatif Bidang Pemgembangan Destinasi Wisata dan Ekraf Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman mengatakan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman memfasilitasi, mensupport penyelenggaraan event tersebut, yang tahun ini diselenggarakan di Kampung Media di Sleman.

Pesta Boneka tahun ini, partisipannya terdiri 98 peserta dari 29 negara. Rini mengatakan pihaknya berinisiatif bekerja sama dengan penyelenggara, supaya kegiatan tersebut terselenggara di desa wisata. Rini menambahkan kegiatan ini digelar di Desa Wisata Kelor, Kelor, Bangun Kerto, Turi, Sleman.

Event internasional tersebut merupakan bagian dari rangkaian dalam Bulan Ekonomi Kreatif. Rini mengatakan, Pesta Boneka sebagai pembuka rangkaian acara, selanjutnya pada 21, 22, dan 23 Oktober akan ada Sleman Creative Week dengan menggandeng Sleman Creative Space dan Sleman Creative Community. Sebagai penutup, Rini mengatakan akan ada Bedog Arts Festival di Studio Banjarmili, Kradenan, Banyuraden, Gamping, Sleman.

Rini menyampaikan sasaran event ini masyarakat luas, "Kegiatannya ada workshop, ada perform theater boneka, ada yang berbayar bentuknya donasi dan free. Bisa dilihat di https://www.pestaboneka.com/, dimana performnya terdiri dari offline dan online," Kata Rini.

Rini menambahkan hari ini eventnya sudah mulai di Desa Wisata Kelor yang dihadiri peserta Pesta Boneka dari 12 negara. Peserta kata dia berinteraksi dengan masyarakat, kemudian menjelajahi desa wisata.

BACA JUGA: Dugaan Penyekapan dan Intimidasi Wali Murid SMAN 1 Wates Kini Diusut Polisi

Advertisement

"Hari ini [Selasa, 4/10/2022] sudah mulai perform dari 12 negara, ada offline dan online, di sini ada sekitar 22 negara, yang lainnya ada yang online. Tadi yang perform di Desa Wisata Kelor ada dari Amerika, Singapura, Thailand dan Indonesia," kata Rini.

Rini menjelaskan kegiatan hari ini antara lain puppeteer cook, yaitu dari tiga negara ada agenda memasak masakan dari daerah asalnya yang kemudian akan dinikmati pengunjung, Peserta dari empat negara lainnya, melakukan perform hari ini.

"Kami berharap ini menjadi media untuk promosi desa wisata di Sleman untuk menjangkau penjunjung internasional, dalam event ini ia berharap dapat menjadi ajang promosi bagi masing-masing negara," ujarnya.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Lowongan 88.370 PPPK Tenaga Kesehatan

News
| Minggu, 27 November 2022, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement