Advertisement

Siap-Siap! Kawasan Sekitar Tugu Jogja Bakal Ditutup Saat Karnaval Wayang

Newswire
Rabu, 05 Oktober 2022 - 18:17 WIB
Bhekti Suryani
Siap-Siap! Kawasan Sekitar Tugu Jogja Bakal Ditutup Saat Karnaval Wayang Penampilan peserta Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) yang diselenggarakan di sekitaran Tugu Jogja, Minggu (7/10/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sejumlah ruas jalan di seputar Tugu Jogja akan ditutup sementara selama pelaksanaan Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) pada Jumat (7/10) malam yang menjadi puncak acara rangkaian peringatan HUT ke-266 Kota Jogja.

"Saat kegiatan berlangsung, akan dilakukan manajemen lalu lintas dengan penutupan sejumlah ruas jalan dari berbagai sisi yang dimulai pukul 17.00 WIB hingga sekitar pukul 22.00 WIB," kata Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Golkari Made Yulianto di Jogja, Rabu (5/10/2022).

Advertisement

Menurut dia, penutupan sejumlah ruas jalan di lokasi utama penyelenggaraan karnaval berkonsep street art tersebut akan memberikan dampak pada peningkatan kepadatan arus lalu lintas di ruas jalan lainnya.

Namun demikian, Golkari mengatakan Dinas Perhubungan Kota Jogja bersama Polresta Yogyakarta akan menerjunkan petugas untuk membantu mengatur dan mengarahkan pengguna jalan agar tidak semakin terjebak kepadatan lalu lintas.

Selain itu juga akan dilakukan pengaturan durasi lampu lalu lintas dari ruang kontrol di Kantor Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, sehingga arus lalu lintas diupayakan tetap lancar.

BACA JUGA: Buntut Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Perintahkan Seluruh Stadion di Indonesia Diaudit

Penutupan jalan di sisi barat akan dimulai dari simpang Pingit, sedangkan di sisi utara dilakukan dari simpang Jetis dan dari sisi timur akan dilakukan dari simpang empat Gramedia serta di simpang Jalan C Simanjuntak.

Penutupan juga akan dilakukan di sekitar Jembatan Gondolayu, seperti Jalan Sabirin, Jalan Dewa Nyoman Oka dan Jalan Faridan M Noto karena lokasi tersebut digunakan sebagai tempat persiapan peserta WJNC.

"Penutupan di simpang Pingit akan menimbulkan dampak pada kepadatan di Jalan Magelang, Jalan Tentara Pelajar, dan Jalan Kyai Mojo. Kepadatan juga diperkirakan terjadi di kawasan Terban," katanya.

Oleh karenanya Golkari mengatakan, bagi masyarakat yang tidak berkepentingan atau tidak berencana menonton secara langsung WJNC, maka diimbau untuk menghindari ruas-ruas jalan tersebut.

"Lebih baik dihindari agar tidak terjebak kepadatan. Sedangkan bagi masyarakat yang ingin menonton secara langsung, maka lebih baik menyesuaikan jam kedatangan," katanya.

Lokasi parkir bagi pengunjung disediakan di Jalan Poncowinatan dan Jalan Kranggan. "Lokasi parkir tidak jauh dari Tugu. Untuk tamu undangan, kami siapkan parkir di Jalan Diponegoro," katanya.

Setelah WJNC selesai, seluruh ruas jalan akan kembali dibuka. "Dari pengalaman tahun sebelumnya, arus lalu lintas bisa cepat kembali lancar karena arus kendaraan yang melintas juga sudah berkurang," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

9 Daerah di Jateng Berstatus Tanggap Darurat Bencana, Pj Gubernur: Tingkatkan Kesiapsiagaan

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement