Advertisement

Puluhan Rumah di Sleman Rusak karena Cuaca Ekstrem, 3 Hari ke Depan DIY Diprediksi Diguyur Hujan

Anisatul Umah
Minggu, 09 Oktober 2022 - 15:17 WIB
Bhekti Suryani
Puluhan Rumah di Sleman Rusak karena Cuaca Ekstrem, 3 Hari ke Depan DIY Diprediksi Diguyur Hujan Ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika DIY memproyeksikan hujan masih akan mengguyur DIY satu sampai tiga hari ke depan. Kepala Kelompok Foreskater BMKG YIA Romadi menjelaskan peluang terjadinya hujan di wilayah DIY cukup besar.

"Intensitas sedang hingga lebat, terutama di Sleman, Kulonprogo, Kota, Gunungkidul bagian Utara, dan Bantul," ucapnya dihubungi Harianjogja.com, Minggu (9/10/2022).

Sementara untuk empat sampai tujuh hari ke depan, hujan masih berpotensi terjadi dengan intensitas ringan. Tinggi gelombang untuk satu minggu kedepan diperkirakan masih tinggi sekitar 2,5-4 meter.

BACA JUGA: Oknum Mahasiswa HI UGM Diduga Lakukan Kekerasan Seksual

Advertisement

"Gelombang laut untuk satu minggu kedepan berkisar 2,5-4 meter. Benar [kategori tinggi] lanjutnya.

Dia menjelaskan dinamika atmosfer saat ini masih terdapat pola tekanan rendah di Samudera Hindia Barat Daya Sumatra, dan sirkulasi tertutup di Utara Kalimantan.

"Dari tinjauan pola angin di wilayah DIY rata-rata bertiup dari arah Tenggara dan terdapat belokan angin [sherline] di Jawa dan pertemuan angin  [konvergensi] di Kalimantan. Dari data tersebut satu sampai tiga hari ke depan di DIY masih cukup besar peluang hujannya," jelasnya.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman akibat hujan lebat disertai angin kencang pada Sabtu (8/10/2022) sore tersebar 35 titik di sepuluh kapanewon mengakibatkan 20 rumah rusak ringan.

Dampak lainnya menumbangkan 19 batang pohon, mengganggu jaringan listrik di tujuh titik, berdampak ke satu titik tempat usaha dan satu titik kantor. Untuk korban jiwa tercatat nihil.

Sepuluh Kapanewon yang terdampak di antaranya, Kapanewon Sleman, Tempel, Ngaglik, Cangkringan, Moyudan, Kalasan, Godean, Turi, Gamping, dan juga Kapanewon Minggir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement