Advertisement

Dukung Ketahanan Kesehatan Nasional, Kalbe Produksi Insulin Dalam Negeri

Abdul Hamied Razak
Kamis, 13 Oktober 2022 - 14:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Dukung Ketahanan Kesehatan Nasional, Kalbe Produksi Insulin Dalam Negeri Ilustrasi Cek Gula Darah - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Untuk mendukung ketahanan kesehatan nasional, PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) memproduksi produk insulin dalam negeri, Ezelin. Kalbe meningkatkan produksi obat dalam negeri melalui implementasi instrumen TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri).

Direktur PT Kalbe Farma Tbk, Mulialie menjelaskan, Ezelin menjadi jawaban atas kebutuhan obat bagi pasien diabetes di Indonesia. Ia menjelaskan, Ezelin merupakan produk dalam negeri dengan kualitas profil efikasi dan keamanan yang sama dengan produk originator, namun dengan harga yang terjangkau.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Produk yang diproduksi oleh anak usaha Kalbe yakni PT Kalbio Global Medika ini, katanya, merupakan obat anti-diabetes yang mengandung insulin glargine. Selain itu, Kalbe juga akan memasarkan insulin glargine generik.

"Kami berusaha meningkatkan produksi obat dalam negeri melalui implementasi instrumen TKDN sebagai bagian dari upaya mendukung program pemerintah untuk membangun ketahanan kesehatan nasional yang lebih kuat," katanya melalui rilis yang diterima Harian Jogja, Kamis (13/10/2022).

Baca juga: Ini Daftar Orang Kaya Pemilik Jalan Tol di Indonesia

Berdasarkan data International Diabetes Federation (IDF), terdapat 19,5 juta warga Indonesia yang mengidap diabetes pada tahun 2021. Bahkan pada tahun 2030, diprediksi diabetes menempati posisi ketujuh sebagai penyebab kematian tertinggi di dunia.
“Ezelin merupakan bagian dari ekosisistem Diabetes Total Solution Kalbe yang difokuskan untuk membantu pasien diabetes agar mendapatkan terapi yang tepat. Ezelin sendiri telah masuk dalam formularium nasional dan E-katalog obat,“ tutur Mulialie.

Diabetes Total Solution adalah ekosistem layanan Kalbe untuk terapi diabetes. Ekosistem ini meliputi obat resep anti diabetes dan komplikasinya, nutrisi khusus pasien diabetes Diabetasol, alat cek gula darah mandiri Elvasense, serta platform digital KlikDiabetes yang menjadi bagian dari platform digital KlikDokter.

Dari sisi farmakologi, insulin glargine adalah analog insulin manusia dalam larutan asam (pH 4), yang setelah disuntikkan akan melepaskan insulin glargine secara perlahan dalam konsentrasi yang relatif konstan selama 24 jam. Hal ini menyebabkan insulin glargine yang disuntikkan sekali sehari dapat mengontrol kadar glukosa darah harian.

Advertisement

"Insulin glargine memiliki aktivitas menurunkan kadar glukosa darah dengan cara merangsang pengambilan glukosa oleh otot rangka dan lemak, serta menghambat produksi glukosa hati," tukasnya.*

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dubes AS Kritik KUHP Soal Zina: Bisa Pengaruhi Hubungan RI-AS

News
| Kamis, 08 Desember 2022, 04:27 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement