Advertisement

Talut Ambrol di Grojogan Tanjung Winongo (GTW), BPBD: Semoga Segera Ditangani

CRY22
Rabu, 19 Oktober 2022 - 19:47 WIB
Arief Junianto
Talut Ambrol di Grojogan Tanjung Winongo (GTW), BPBD: Semoga Segera Ditangani Kondisi talut di Kalurahan Patangpuluhan, Kemantren Wirobrajan yang ambrol pada Selasa (18/10/2022). - Istimewa/BPBD Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, Jogja - Hujan deras yang melanda Jogja beberapa hari terakhir menyebabkan talut di Kalurahan Patangpuluhan, Kemantren Wirobrajan ambrol pada Selasa (18/10/2022) sekitar pukul 03.00 WIB.  

Berdasarkan hasil asesmen BPBD Jogja, talud tersebut longsor lantaran kikisan air Sungai Winongo. Longsornya talut tersebut menyebabkan kerusakan pada stan kuliner yang ada di Grojogan Tanjung Winongo (GTW).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Sekretaris BPBD Kota Jogja, Muhamad Agus Maryanto menyampaikan saat ini BPBD telah melakukan langkah pertama dalam penanganan talud tersebut.

"Sudah dipasang police line, kami akan segera melaporkan ke instansi terkait. Harapannya bisa segera ditangani," kata dia, Rabu (19/10/2022). 

BACA JUGA: Haryadi Suyuti Disebut Korupsi di Dua Perizinan Tak Cuma Apartemen

Agus menyampaikan upaya mitigasi bencana terus dilakukan BPBD Kota Jogja, salah satunya melalui sosial media serta Kampung Tangguh Bencana (KTB). "Kami sampaikan cuaca ekstrem berlangsung hingga satu minggu ke depan," kata Agus.

Dia menambahkan, dalam menghadapi cuaca ekstrem tersebut warga yang tinggal di bantaran sungai agar waspada dan mencari tempat aman ketika hujan lebat. "Karena yang terdampak yang langsung berhadapan dengan sungai," imbuhnya. 

Agus menjelaskan, tahun ini sebanyak 15 KTB Kota Jogja terbentuk di tiga bantaran sungai yaitu Sungai Winongo, Code dan Gajah Wong. Mereka yang tergabung dalam KTB yang telah dibekali pelatihan dan peralatan untuk rescue awal.

Advertisement

"Harapannya dengan KTB ini mereka bisa sigap untuk menanggulangi bencana di wilayahnya sebelum Basarnas, BPBD Kota Jogja/Damkar datang," kata dia.

Sementara soal anggaran, Agus mengatakan BPBD Kota Jogja memiliki anggaran kedaruratan dan logistik sebesar Rp5 milyar yang sampai saat ini telah terserap sekitar 70%. "Sempat juga dalam APBD Perubahan 2022 Kota Jogja, anggaran ditambah sekitar Rp50 jutaan."

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Nella Kharisma hingga Widowati Meriahkan Konser Tengah Sawah Peluncuran YSNW

News
| Sabtu, 03 Desember 2022, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Rawat Ribuan Ikan di Sungai, Rumah Pria Ini Jadi Rujukan Wisata

Wisata
| Sabtu, 03 Desember 2022, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement