Advertisement

Sosialisasikan Pencegahan HIV/AIDS di kalangan Remaja, Kemenag Kulonprogo sasar Ponpes

Arief Junianto
Rabu, 19 Oktober 2022 - 20:07 WIB
Arief Junianto
Sosialisasikan Pencegahan HIV/AIDS di kalangan Remaja, Kemenag Kulonprogo sasar Ponpes Suasana Sosialisasi Pencegahan HIV/AIDS bagi Pondok Pesantrendi Gedung Menoreh Kantor Kemenag Kulonprogo, Rabu (19/10/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO - Perkembangan kasus HIV/AIDS yang sampai saat ini belum ditemukan obatnya menjadi perhatian banyak pihak. Salah satunya adalah pondok pesantren di Kulonprogo.

Pergaulan bebas kalangan remaja diharapkan tidak sampai masuk ke lingkungan pondok pesantren, karena hal itu bisa menjadi salah satu faktor penularan HIV/AIDS.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Kasi PAKIS Kantor Kemenag Kulonprogo, Muh Fauzi menyampaikan hal tersebut saat menghadiri Sosialisasi Pencegahan HIV/AIDS bagi Pondok Pesantren di Gedung Menoreh Kantor Kemenag Kulonprogo, Rabu (19/10/2022).

"Maraknya pergaulan para remaja saat ini khususnya di wilayah Kulonprogo, semoga tidak sampai masuk ke lingkungan pondok pesantren. Karena hal ini menjadi salah satu faktor penularan HIV/AIDS," ujar Fauzi melalui rilis, Rabu.

Fauzi juga menyampaikan harapan atas diselenggarakannya kegiatan ini.

"Mudah-mudahan adanya kegiatan ini bisa media pencegahan penularan HIV/AIDS, khususnya di lingkungan pondok yang ada di Kulonprogo," imbuhnya.

Sementara itu sala satu narasumber dalam sosialisasi tersebut, Pratiwi Agustian memaparkan definisi tentang HIV dan AIDS.

"HIV adalah nama virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia ketika keadaan sehat. Sedangkan AIDS adalah gejala yang disebabkan karena sistem kekebalan tubuh diserang," papar Pratiwi.

Advertisement

Pratiwi juga menyampaikan tentang faktor-faktor penularan HIV/AIDS. "Terdapat empat hal virus HIV bisa tertular, yaitu darah, sel sperma, vagina, dan ASI," kata dia.

“Untuk itu perlu diketahui pentingnya memahami HIV/AIDS sejak dini. Penyakit apa saja jika telah diketahui sejak lama akan mudah dicegah dan diatasi."

Itulah sebabnya, Pratiwi berharap kepada seluruh Pondok Pesantren agar bisa memproteksi diri dengan adanya HIV AIDS ini.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Lowongan 88.370 PPPK Tenaga Kesehatan

News
| Minggu, 27 November 2022, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement