Advertisement

Hari Lansia, UKDW Pecahkan Rekor MURI Karya Fotografi Bertema Lansia

Media Digital
Kamis, 27 Oktober 2022 - 09:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Hari Lansia, UKDW Pecahkan Rekor MURI Karya Fotografi Bertema Lansia Lomba fotografi Pesona Masa Senja yang digelar UKDW mendapatkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dalam kategori lomba fotografi tema lansia dengan karya terbanyak. - Ist

Advertisement

JOGJA– Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana (FK UKDW) melalui Pusat Studi Layanan Gerontologi (PSLG) berinisiatif untuk memperingati Hari Lansia Internasional yang jatuh pada tanggal 1 Oktober 2022 dengan menggelar lomba fotografi bertema lansia. Lomba fotografi yang bertema “Pesona Masa Senja” ini juga mendapatkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dalam kategori lomba fotografi tema lansia dengan karya terbanyak.

Peringatan Hari Lansia Internasional ini sangat relevan untuk diperingati terutama di Jogja karena menurut Badan Pusat Statistik pada tahun 2021, DIY termasuk dalam provinsi dengan angka harapan hidup paling tinggi dan memiliki proporsi populasi lanjut usia tertinggi nasional.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Latar belakang diadakannya lomba fotografi dalam peringatan Hari Lansia Internasional ini adalah untuk mengajak dan menggerakan kaum muda untuk menyadari bahwa di lingkungan sekitar kita terdapat kalangan lanjut usia yang mungkin memiliki kebutuhan spesifik yang berbeda dengan orang non-lansia.

“Dengan mengadakan lomba fotografi, kami panitia sudah memprediksi bahwa yang akan terlibat pesertanya adalah anak-anak muda hingga dewasa. Secara tidak langsung, kami mengajak dan menggerakkan kaum muda untuk bisa lebih atensi dengan lansia, salah satu caranya adalah dengan menangkap momen keseharian lansia dalam bentuk foto," ujar Ketua Panitia Lomba Fotografi, dr. Lothar Matheus M.V.Silalahi, M.Sc, Sp.N dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Kamis (27/10/2022). 

Acara puncak lomba fotografi dilaksanakan pada tanggal 1-2 Oktober 2022 di Plaza Ambarrukmo. Hasil karya foto peserta yang terlibat lomba dicetak dan dipamerkan pada acara puncak tersebut. Tidak hanya pameran foto, pada acara puncak tersebut FK UKDW juga berusaha hadir di tengah masyarakat dengan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pemeriksaan kesehatan dan konsultasi gratis, donor darah dan seminar awam.

Acara tersebut sekaligus sebagai rangkaian dalam peringatan Dies Natalis FK UKDW ke-13. Bentuk acara lainnya adalah dengan kegiatan ekspo unit laboratorium di FK UKDW, pengenalan organisasi di FK UKDW, talkshow fotografi dan acara seni yang melibatkan siswa sekolah dan mahasiswa universitas di Jogja.

Acara puncak tersebut juga turut dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Yogyakarta, Endang Patmintarsih, SH, M.Si beserta jajaran, Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) yang diwakili oleh ketua II: Drs. Sulistyo, SH, CN, M.Si serta lansia yang berasal dari Balai Perlindungan Sosial Tresna Werdha Abiyoso.

FK UKDW berharap dapat berkolaborasi dan bersinergi mendukung program pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup lansia terkhusus di Yogyakarta. Pada akhir puncak acara dilakukan pengumuman pemenang lomba fotografi dan pengesahan pemecahan rekor MURI berupa lomba foto lansia terbanyak dengan total karya 852 foto.*

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petani Lereng Merapi Tanam Alpukat Jumbo, Harganya Sampai Rp40.000

News
| Sabtu, 10 Desember 2022, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Liburan di DIY saat Akhir Tahun? Fam Trip di Lokasi-Lokasi Ini Layak Dicoba

Wisata
| Jum'at, 09 Desember 2022, 16:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement