Advertisement

Konsumsi Makanan Bergizi, Cegah Anemia di Usia Remaja

Media Digital
Kamis, 27 Oktober 2022 - 07:37 WIB
Budi Cahyana
Konsumsi Makanan Bergizi, Cegah Anemia di Usia Remaja Sejumlah siswa SMP Negeri 2 Sleman saat mengikuti Aksi Bergizi untuk pemecahan rekor Muri, Rabu (26/10/2022). - Harian Jogja

Advertisement

SLEMAN - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sleman bersama SMP Negeri 2 Sleman menggelar acara pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) Aksi Bergizi, Rabu (26/10/2022). Aksi ini digelar serentak di sejumlah sekolah di berbagai daerah yang dikoordinasi Kementerian Kesehatan.

Diawali dengan senam bersama, kegiatan dilanjutkan dengan makan makanan bergizi oleh ratusan siswa SMP Negeri 2 Sleman. Puncak kegiatan ini adalah pencatatan rekor Muri dengan flash mob meminum bersama tablet penambah darah.

Subkoordinator Kelompok Substansi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Sleman, Cahya Prihantama menjelaskan aksi ini menjadi salah satu bentuk menghindarkan generasi muda khususnya remaja putri dari anemia. “Anemia adalah kondisi yang tidak sehat. Remaja putri di Indonesia saat ini memang masih memiliki potensi mengalami anemia. Bahkan menurut data Riset Kesehatan Dasar 2018, disebutkan anemia pada remaja angkanya masih cukup tinggi, yakni mencapai 32 persen,” katanya.

Di Kabupaten Sleman berdasar hasil sampling pada 2021, angka remaja yang mengalami anemia sudah jauh di bawah rata-rata nasional. “Kita patut bersyukur karena angka kasus anemia pada remaja di Sleman rendah, sehingga potensi untuk hidup sehat dan belajar yang lebih baik juga semakin besar,” ujarnya.

Anemia di usia remaja menjadi salah satu pemicu terjadinya permasalahan ketika dewasa. Salah satu masalah yang ditimbulkan yakni stunting atau bayi atau anak balita yang tidak bisa tumbuh secara optimal. “Remaja yang mengalami anemia juga berpotensi mengalami perdarahan dan tidak dapat melahirkan dengan kondisi yang sehat,” katanya.

Oleh karena itu, sejak usia remaja mereka diwajibkan untuk mengonsumsi makanan yang sehat yang dilengkapi tablet penambah darah untuk mencegah anemia. Selain itu, aktivitas fisik juga perlu dilakukan secara rutin untuk mendukung pola hidup sehat.

Kepala SMP Negeri 2 Sleman, Joko Sutikno menuturkan Aksi Bergizi menjadi sebuah dukungan terhadap remaja yang di masa depan akan menjadi pewaris bangsa. “Saya harap semuanya bisa berpartisipasi dalam mengembangkan kompetensi Indonesia,” ujarnya.

Joko berpesan kepada para siswa agar selalu mengonsumsi makanan yang sehat agar bisa mengoptimalkan kegiatan belajar dengan fokus dan konsentrasi tinggi, sehingga hasil akhirnya menjadikan siswa yang cerdas. (ADV)

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Rusun ASN di IKN Capai 40 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement