Advertisement

Pakai BPJS Kesehatan, Tidak Perlu Waswas Biaya Saat Sakit

Anisatul Umah
Rabu, 02 November 2022 - 11:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pakai BPJS Kesehatan, Tidak Perlu Waswas Biaya Saat Sakit Peserta BPJS Kesehatan Nadia Lutfiana Mawarni. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari pemerintah memberikan rasa aman bagi masyarakat. Nadia Lutfiana Mawarni, 28 salah satu pengguna BPJS Kesehatan ini mengaku merasa lebih aman ketika menjadi anggota BPJS Kesehatan.

Jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan berupa sakit dia tidak perlu mengkhawatirkan ongkos berobat. Pengalamannya menggunakan BPJS Kesehatan juga tidak terlalu ribet.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Kalau nanti ndilalah [kebetulan] ada sesuatu yang enggak diinginkan, sakit, aku enggak perlu bingung karena sudah jadi anggota BPJS Kesehatan. Ini lebih ke proteksi sih," ucapnya kepada Harianjogja.com, Rabu (2/11/2022).

Nadia sapaan akrabnya sudah menjadi anggota BPJS Kesehatan cukup lama, awalnya mandiri ditanggung keluarga, lalu sempat ditanggung kantor, dan kini mandiri lagi kelas tiga. Dia kembali menjadi anggota mandiri karena saat ini bekerja freelance, sehingga tidak ditanggung tempatnya bekerja.

Baca juga: Keren! Film Produksi Disbud Kota Jogja Ini Tayang di Ajang Ubud Writers & Readers Festival

"Pakai BPJS Kesehatan sudah lama sih lupa tahun berapa tepatnya. Sejak BPJS ada udah jadi anggota. Karena sekarang freelance pakai mandiri," kata Nadia yang tinggal di Jalan Kaliurang ini.

Menurutnya iuran dari BPJS Kesehatan cukup terjangkau. Ini menjadi alasan dia memilih BPJS Kesehatan sebagai asuransinya. Dalam sebulan dia hanya perlu membayar iuran sebesar Rp35.000 plus biaya admin Rp2.500 sehingga total hanya Rp37.500 saja.

Dengan iuran yang cukup murah Nadia sudah bisa mendapatkan banyak manfaat. BPJS Kesehatan menurutnya juga mengcover banyak jenis penyakit.

Advertisement

"Saya memilih BPJS Kesehatan karena dari semua asuransi, BPJS Kesehatan ini yang paling murah dan coveragenya juga banyak. Untuk berbagai jenis penyakit. Meski sistemnya berjenjang, tapi dengan hanya membayar Rp37.500 saya sudah mendapatkan banyak manfaat," jelasnya.

Nadia sendiri jarang menggunakan BPJS Kesehatan, namun selalu rutin membayar iuran. Dia mensyukuri hal ini, artinya masih diberikan nikmat sehat. Namun jika sewaktu-waktu dapat musibah sakit setidaknya sudah bersiap dengan BPJS Kesehatan.

"Alhamdulillah jarang sakit ya. Ini salah satu yang aku syukuri. Menjadi anggota BPJS Kesehatan kalau bisa jangan sampai sering sakit, tetap jaga kesehatan. Meski demikian penting juga untuk punya asuransi.," katanya. *

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BMKG Catat Sudah 5 Kali Gempa dalam Sepekan Ini, Terbaru di Sukabumi

News
| Kamis, 08 Desember 2022, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement