Advertisement

Doktor Muda UMY Kolaborasi Riset dengan Profesor Flinders University Australia

Media Digital
Selasa, 08 November 2022 - 15:32 WIB
Budi Cahyana
Doktor Muda UMY Kolaborasi Riset dengan Profesor Flinders University Australia Firman Mansir - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Salah satu dosen bergelar doktor muda Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Dr. Firman Mansir, melakukan kerja sama penelitian, penulisan artikel bersama, dan publikasi, dengan Prof. Ben Wadham dari Flinders University, Adelaide, Australia.

Kegiatan akademik yang dilakukan di Flinders University selama dua peken itu disebut dengan program “Sabbatical Leave”. Program ini merupakan program internasionalisasi unggulan milik kampus Muda Mendunia UMY.

Advertisement

Para dosen yang mendapatkan undangan langsung dari perguruan tinggi luar negeri bereputasi, mendapat dukungan penuh dari Lembaga Kerjasama dan Internasional UMY, untuk diizinkan melakukan cuti mengajar dan fokus melakukan kegiatan akademik seperti penulisan artikel bersama, penelitian dan mengajar minimal satu kali di perguruan tinggi tersebut.

Dr. Firman yang hobi bermain sepak bola ini menjelaskan kegiatan ini sangat bermanfaat baginya sebagai dosen muda, karena ini kesempatan berharga untuk bisa belajar secara langsung dengan dosen atau peneliti di perguruan tinggi luar negeri.

Bahkan menurutnya, dia bisa melihat dan terlibat langsung bagaimana para peneliti itu bekerja dalam menyelesaikan penelitian sebagai sebuah tim, dan yang tidak kalah pentingnya adalah membangun jejaring dan pergaulan internasional sesama dosen dan peneliti. Hal ini kata Firman sesuai dengan slogan kampus UMY, Muda Mendunia.

Firman Mansir berencana ingin mengundang Prof. Ben Wadham ke UMY khususnya ke Fakultas Agama Islam (FAI) sebagai Visiting Profesor untuk bisa memberikan kuliah, membimbing mahasiswa dalam penulisan artikel, dan riset bersama dosen FAI lainnya, sehingga kerjasama ini tidak hanya menguntungkan dirinya sebagai dosen dan peneliti, tetapi bagi universitas, fakultas dan prodi tempat ia mengabdi sebagai dosen tetap. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Barbados Mengumumkan Mengakui Palestina Sebagai Sebuah Negara

News
| Sabtu, 20 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement