Advertisement

Digelar 20 November, Sleman Temple Run #7 Diikuti 660 Pelari dari Berbagai Negara

Lugas Subarkah
Jum'at, 11 November 2022 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Digelar 20 November, Sleman Temple Run #7 Diikuti 660 Pelari dari Berbagai Negara Ilustrasi sejumlah peserta mengikuti Sleman Temple Run 2021 di kompleks Candi Banyunibo. - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman kembali mengajak para pelari untuk menyusuri sejumlah candi dalam Sleman Temple Run #7.

Diikuti 660 peserta dari berbagai negara, Sleman Temple Run #7 akan berlangsung pada 20 November mendatang di Candi Banyunibo, Kalurahan Bokoharjo, Kapanewon Prambanan.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Kepala Dispar Sleman, Ishadi Zayid, menjelaskan kompetisi lari yang sudah berlangsung sejak 2015 ini merupakan bentuk promosi destinasi wisata atau sport tourism, khususnya kekayaan wisata cagar budaya berupa candi yang tersebar di Sleman.

“Karena promosi wisata melalui event berdampak signifikan terhadap destinasi wisata dalam bentuk tumbuhnya aktivitas ekonomi serta dampak terhadap wisatawan itu sendiri dengan memberikan pengalaman dan kenangan yang spesifik,” ujarnya, Jumat (11/11/2022).

BACA JUGA: BREAKING NEWS: Merapi Kembali Luncurkan Awan Panas Pagi Ini

Potensi wisata budaya dengan ikon candi yang berada di kawasan Perbukitan Shiva Plateau menjadikan Sleman Temple Run sebagai ajang lari lintas alam dari candi ke candi, yang hanya dimiliki Kabupaten Sleman.

Untuk menambah daya tarik, Sleman Temple Run #7 juga akan menampilkan potensi masyarakat lokal di sepanjang rute lari, seperti jatilan di Watu Balik, hadrah dan badui di Umbulsari, srandul  di Candi Ijo, barongan di Candi Barong dan lainnya.

Race Director Sleman Temple Run #7, Roostian Gamananda, menuturkan ada tiga kategori dalam kompetisi ini, yakni 25K, 13K dan 7K. Peserta yang telah terdaftas sebanyak 660 peserta dari Amerika Serikat, Australia, Canada, India dan Indonesia.

Advertisement

“Fasilitas peserta meliputi race pack, kaos finisher, medali finisher, disediakan lima water station, tim medis dan fisioterapi di water station dan venue, snack pagi dan makan siang, BIB atau nomor dada. Event ini terbuka untuk wisatawan di sepanjang jalur,” kata dia.

Adapun hadiah bagi para pemenang baik kategori putra maupun putri meliputi kategori 25K juara I Rp10 juta; pemenang II Rp8 juta dan pemenang III Rp6 juta.

Kategori 13K juara I Rp8 juta; pemenang II Rp6 juta; dan pemenang III Rp4 juta. Sementara untuk Kategori 7K, juara I Rp1,5 juta; pemenang II Rp1 juta; dan pemenang III Rp500.000.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca, Hari Ini: Siang Ini, Kota dan Sleman Dilanda Hujan Petir

News
| Kamis, 08 Desember 2022, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement