Advertisement

Ratusan Mahasiswa IPB Terjerat Pinjol, Bagaimana Kondisi Kampus di Jogja?

Anisatul Umah
Rabu, 16 November 2022 - 20:37 WIB
Arief Junianto
Ratusan Mahasiswa IPB Terjerat Pinjol, Bagaimana Kondisi Kampus di Jogja? Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Ratusan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) terjerat pinjaman online (pinjol). Lalu seperti apa kondisi mahasiswa di DIY, adakah yang terjerat Pinjol?

Dosen STIM YKPN, Muhammad Roni Indarto mengatakan sejauh ini di STIM YKPN belum ada kasus seperti di IPB. Tapi diperkirakan banyak mahasiswa yang menggunakan paylater, karena cepat dan persyaratannya mudah. "Alhamdulillah di STIM YKPN belum muncul kasus seperti di IPB," ucapnya kepada Harianjogja.com, Rabu (16/11/2022).

Advertisement

Mencegah hal serupa terjadi di STIM YKPN beberapa upaya antisipasi pun dilakukan. Misalnya dengan memberikan informasi berkenaan dengan pinjol dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

BACA JUGA: Sambangi Ponpes Sasana Kreatif Mandiri, The Atrium Hotel and Resort Bagikan Uang dan Sembako

Kemudian melalui mata kuliah manajemen keuangan utamanya terkait dengan penentuan tingkat bunga, angsuran, serta risiko. Mahasiswa juga diajak menghitung berapa rupiah yang harus dikembalikan jika meminjam dengan jumlah tertentu, serta bunga dan risikonya.

"Pembelajaran melalui soft skill di setiap matakuliah yang diajarkan tentang perilaku hidup hemat dan asas kemanfaatan, hindari hidup mewah," lanjutnya.

Harianjogja.com sudah menghubungi Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Islam Indonesia (UII) terkait data mahasiswa yang terjebak Pinjol di masing-masing kampus, serta upaya pencegahannya.

"Di UGM sejauh ini belum ada yang dibahas secara khusus," ucap Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM Dina W. Kariodimedjo. Sementara pihak UII belum berkenan dikutip. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement