Advertisement

Seminar Pengenalan dan Pengembangan Hilirisasi Kelapa Sawit Digelar

Media Digital
Kamis, 17 November 2022 - 11:47 WIB
Jumali
Seminar Pengenalan dan Pengembangan Hilirisasi Kelapa Sawit Digelar Seminar Pengenalan dan Pengembangan Hilirisasi Kelapa Sawit - Ist

Advertisement

Dengan keberadaan banyak UMKM, Yogyakarta potensial untuk pengembangan poduk hilir kelapa sawit, yang bukan sekedar minyak goreng saja tetapi bisa menjadi berbagai produk kebutuhan sehari-hari, seperti sabun, pasta gigi, kosmetik, es krim, permen dan virgine palm oil (VPO) yang dikampanyekan sebagai super food karena kandungan nutrisi yang sangat baik.

"Di Yogya tidak ada sentra sawit (hulu) karena itulah kita coba edukasi dan kenalkan kelapa sawit lewat produk hilirnya," tutur Ketua Panitia Seminar Nasional (Semnas) UMKM bertajuk "Pengenalan dan Pengembangan Hilirisasi Kelapa Sawit di Yogyakarta", Saktiyono Sigit Tri Pamungkas di sela Semnas, Rabu (16/11/2022) di Convention Hall Lt IV Gedung Pusat PT LPP Agro Nusantara, Klitren, Yogyakarta.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Sakti yang juga dosen dan praktisi sawit ini menyatakan Semnas inisiasi Politeknik LPP ini untuk merangsang titik awal khalayak umum, penggiat UMKM agar melirik produk hilir Sawit dan nantinya akan dilanjutkan dengan memperbanyak demo dan kajian mendalam. "Kita Kampanye Sawit Baik," ujarnya.

Kegiatan selama 2 hari hingga Rabu (16/11) ini dibuka secara daring oleh Asisten Deputi Perkembangan Agribisnis Perkebunan Kementerian Koordinator Perekonomian Republik Indonesia oleh Moch Edy Yusuf mewakili Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, dilanjutkan sambutan Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X.

Hadir secara offline Direktur Politeknik LPP Yogyakarta, Muhamad Mustangin yang hadir langsung bersama pejabat terkait. "Sebagai salah satu kampus perkebunan tertua di Indonesia sejak tahun 1950, Politeknik LPP berkomitmen dalam penyediaan tenaga SDM Perkebunan yang Profesional dan Berkarakter," tegas Muhamad Mustangin.

Sesi pertama seminar menghadirkan narasumber Kepala Divisi UKM dan Koperasi Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit Kemenkeu RI, Helmi Muhansyah memaparkan materi Pengenalan dan Peluang UKMK berbasis Kelapa Sawit. Dilanjutkan pada sesi ke-2, kegiatan Diskusi Panel yang melibatkan Ketua Umum Asosiasi Produsen Oleochemical Indonesia (Apolin) Rapolo Hutabarat dan Ketua Umum Masyarakat Perkelapasawitan Indonesia (MAKSI) Darmono Taniwiryono dengan mengangkat isu “Potensi Hilirisasi Kelapa Sawit untuk Meningkatkan Perekonomian Indonesia melalui UMKM”.

"Kegiatan hari pertama Selasa (15/11) dimulai dengan sesi Diskusi dan Ramah Tamah dalam Rangka Penguatan dan Sinergi Kemitraan dalam Memperkenalkan dan Mendorong Hilirisasi Kelapa Sawit. Dilanjtukan hari kedua, Rabu (16/11) dengan materi pengenalan dan pengembanhan hilirisasi kelapa sawit melalui UMKM di Yogyakarta. Semnas ini dihadiri oleh kurang lebih 200 peserta yang hadir secara hybrid (online dan offline) baik dari UMKM, Umum maupun Mahasiswa" jelas Sakti lebih lanjut.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petani Lereng Merapi Tanam Alpukat Jumbo, Harganya Sampai Rp40.000

News
| Sabtu, 10 Desember 2022, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Liburan di DIY saat Akhir Tahun? Fam Trip di Lokasi-Lokasi Ini Layak Dicoba

Wisata
| Jum'at, 09 Desember 2022, 16:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement