Advertisement

Angkasa Pura I Salurkan Program Pendanaan UMK Rp1 Miliar

Ujang Hasanudin
Jum'at, 18 November 2022 - 13:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Angkasa Pura I Salurkan Program Pendanaan UMK Rp1 Miliar Penyerahan bantuan modal usaha dari PT.Angkasa Pura 1 kepada pelaku UKM di sekitar bandara, Kamis (17/11/2022). - dok/PT Angkasa Pura I

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) menyalurkan program pendanaan Usaha Mikro Kecil (UMK) sebagai salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dengan total penyaluran Rp1,06 miliar.

Penyaluran pinjaman diberikan secara simbolis oleh Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Yogyakarta, Ike Yutiane P di Ruang Rapat Jangkaran, Kantor PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Internasional Yogyakarta, Kamis (17/11/2022).

Advertisement

Adapun jumlah UMK binaan yang mendapat pinjaman pendanaan total di triwulan IV tahun ini sebanyak 16 mitra binaan penerima, 11 mitra binaan merupakan mitra binaan baru, dan lima mitra binaan merupakan mitra binaan lanjutan.

“Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi UMK yang dijalankan masyarakat, sehingga menjadi usaha yang lebih mandiri dan tangguh serta mampu memberikan lapangan kerja yang lebih luas,” kata Ike Yutiane, melalui rilis yang diterima Jumat (18/11/2022)

Dikatakan Ike Yutiane, proses pencairan pinjaman mitra setelah sebelumnya pelaku UKM mengajukan proposal pinjaman yang kemudian diproses melalui survei dan evaluasi hingga menerima persetujuan pinjaman, dengan bunga 3% menurun per tahun.

Baca juga: Elon Musk Tuai Kontroversi, Mau Hilangkan 'Twitter for iPhone'

Menurutnya penyaluran program pendanaan UMK ini menjadi penyaluran program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Tahap II di tahun 2022 dengan penyaluran sebesar Rp750 juta. Sedangkan penyaluran tahap I sebesar Rp310 juta disalurkan di 14 Oktober 2022 lalu.

Selain memberikan bantuan pendanaan, PT. Angkasa Pura I juga memberikan pembinaan terhadap mitra dalam bentuk manajemen usaha dan pemasaran, serta mitra binaan naik kelas kepada mitra yang terpilih. Tim CSR juga akan melakukan monitoring secara berkala kepada mitra binaan untuk memastikan kegiatan usaha dan kewajiban berjalan lancar.

“Hal ini membuktikan bahwa, Angkasa Pura I tidak hanya melakukan penyaluran, namun juga memiliki komitmen dalam melakukan pembinaan pada mitra binaan. Setelah penyaluran program pendanaan UMK ini, tim kami akan melakukan peninjauan, pemantauan, dan monitoring terhadap perkembangan mitra binaan, dimana masing-masing mitra juga akan membuat laporan perkembangan usaha kepada perusahaan,” terang Ike Yutiane

Waluyo, seorang penyandang disabilitas yang merupakan pemilik usaha Madu Hutan Raya mengapresiasi atas kesempatan untuk menerima penyaluran pinjaman sebesar Rp100 juta.  Pendanaan UMK yang diterima Waluyo merupakan penyaluran lanjutan. Ia telah menjadi mitra binaan Angkasa Pura I sejak enam tahun yang lalu. Kali ini merupakan ketiga kalinya dapat menerima bantuan permodalan.

“Dalam perjalanan usaha saya, Angkasa Pura I sungguh memberikan dampak positif. Dengan modal yang diberikan oleh Angkasa Pura I, kami dapat mengembangkan usaha dengan baik hingga memiliki keuntungan. Sampai dengan saat ini kami terus mengapresiasi dan berterima kasih atas kepedulian Angkasa Pura I kepada kami pelaku usaha sehingga usaha kami berjalan dengan baik dan lancar,” ujarnya.

General Manager Bandara Internasional Yogyakarta, Agus Pandu Purnama menyampaikan bahwa PT. Angkasa Pura I terus berkomitmen memberikan kontribusi positif bagi lingkungan masyarakat dengan harapan para pengusaha kecil dan menengah dapat berkembang dan bersaing dengan baik.

“Kami mengharapkan seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan manfaat dengan adanya PT Angkasa Pura I sebagai pengelola bandara di lingkungannya. UMK yang telah berkembang diharapkan dapat menyerap tenaga kerja dari masyarakat lokal,” jelasnya.

Apabila pada saat perjalanan usaha dari masing-masing penerima pendanaan UMK ini nanti ditemukan kendala dan permasalahan, kata Agus Pandu, semoga dapat dikomunikasikan dan dilakukan pembinaan oleh PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta melalui unit CSR yang diampu di bawah Stakeholder Relation. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 8 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement