Advertisement

Bupati Bantul Fokus Bangun Kawasan Selatan

Newswire
Senin, 21 November 2022 - 18:17 WIB
Bhekti Suryani
Bupati Bantul Fokus Bangun Kawasan Selatan Bupati Bantul Abdul Halim Muslih - Harian Jogja/Dok.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Abdul Halim Muslih mengatakan kawasan selatan provinsi ini menjadi fokus pembangunan pemerintah daerah setempat untuk meningkatkan ekonomi dan mengejar ketertinggalan dari daerah utara.

"Jadi yang pertama, kawasan selatan DIY ini menjadi fokus pembangunan Daerah Istimewa Yogyakarta [DIY] untuk mengejar berbagai ketertinggalan," kata Bupati seusai Penandatanganan MoU antara Pemkab Bantul, Pemkab Gunungkidul, dan Kulonprogo di Bantul, Senin (21/11/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Menurut dia, hal itu sesuai arahan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPMJMD) yang menyatakan bahwa kawasan selatan DIY itu adalah teras depan DIY.

"Dan ini wilayah yang sangat potensial dari sisi pertanian, kelautan, dan pariwisata, nah karenanya ini perlu ada kerja sama lebih erat di tiga daerah yang memiliki pesisir dan terletak di sebelah selatan geografi DIY," katanya.

BACA JUGA: Jumlah Korban Meninggal Dunia di Gempa Cianjur 46 Orang, 700 Luka-Luka

Melalui MoU antardaerah dari tiga pemkab tersebut bisa dilakukan kerja sama yang produktif untuk pengembangan sumber daya, baik sumber daya alam maupun manusia. Dengan demikian diperlukan MoU dan kajian lebih lanjut.

"Oleh karenanya OPD [organisasi perangkat daerah] di Bantul ini kita undang agar bisa berinisiatif, menemukan ide, gagasan kira-kira kerja sama yang produktif untuk ketiga daerah ini apa, landasannya sudah ada, potensinya sudah ada mari kita gali bersama-sama," katanya.

Bupati mengatakan, di tiga kabupaten wilayah selatan DIY yaitu ini Kulonprogo, Bantul, dan Gunung Kidul memiliki banyak kesamaan, di antaranya sama-sama perdesaan, dan sama-sama memiliki tingkat pendapatan terendah di DIY.

Advertisement

"Pokoknya ranking tiga, empat, lima itu ngumpul di tiga kabupaten ini. Oleh karenanya potensi yang kita miliki Kulonprogo, Bantul, Gunungkidul ini bagaimana ke depan bisa kita kembangkan bersama, kita sinergikan, sehingga ketiga daerah ini bisa mengejar ketertinggalannya," katanya.

Bupati Bantul optimistis tiga kabupaten di selatan DIY dapat mengembangkan kawasan selatan, apalagi didukung oleh Visi Misi Gubernur DIY, yang menempatkan daerah selatan menjadi teras depan DIY.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Awan Panas Semeru Masih Keluar, BPBD Lumajang Tetapkan Masa Tanggap Darurat 14 Hari

News
| Senin, 05 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement