Advertisement

Wilayah Selatan DIY Bakal Jadi Halaman Muka

Yosef Leon
Senin, 11 Juli 2022 - 07:47 WIB
Sirojul Khafid
Wilayah Selatan DIY Bakal Jadi Halaman Muka Aris Eko Nugroho - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Paniradya Kaistimewan menargetkan wilayah selatan DIY yang membentang luas bisa jadi halaman muka untuk memaksimalkan urusan keistimewaan. Konsep ini juga sejalan dengan gagasan budaya maritim yang saat ini tengah digenjot dengan memanfaatkan potensi lautnya.

Paniradya Pati Kaistimewan, Aris Eko Nugroho, menyampaikan pemerintah kalurahan diharapkan berperan aktif dalam mengoptimalkan informasi yang berkaitan dengan urusan keistimewaan kepada masyarakat. Misalnya saja soal pemanfaatan Sultan Ground (SAG) dan Pakualaman Ground (PAG) untuk kepentingan masyarakat luas.

"Kalurahan yang ada di wilayah pantai bisa dioptimalkan, karena mereka sebagai pemangku keistimewaan bagaimana kaitannya pertanahan di pinggir pantai juga banyak tanah yang merupakan SAG dan PAG. Bisa lebih dioptimalkan agar bisa bermanfaat bagi masyarakat dan sesuai dengan aturan," ujarnya, belum lama ini.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

BACA JUGA: Paniradya Kaistimewan DIY Salurkan Gamelan ke 76 Desa Budaya

Aris menambahkan optimalisasi kegiatan budaya semacam labuhan adalah salah satu fungsi lain dari wilayah selatan. Banyak agenda budaya yang dilangsungkan di tempat itu. Hal ini merupakan pemanfaatan potensi baik dari segi yang terlihat maupun yang tak terlihat.

Apalagi visi Gubernur DIY periode 2017-2022 adalah Menyongsong Abad Samudra Hindia untuk Kemuliaan Martabat Manusia Jogja dengan rencana memajukan wilayah terpencil seperti Gunungkidul dan Kulonprogo serta Bantul. Pergerakan ekonomi di kawasan selatan diharapkan tercipta demi meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat lokal.

"Selain membangun sarana dan prasarana, infrastruktur pendukung juga dilakukan untuk dijadikan Pangkalan Pendaratan Ikan [PPI] di sepanjang laut selatan," ungkapnya.

BACA JUGA: 11 Peta Jalan Grand Desain Keistimewaan Menuju Kesejahteraan Masyarakat 

Pelabuhan Gesing di Gunungkidul jadi prioritas dan ditargetkan rampung pada tahun ini agar bisa dioperasionalkan. Pelabuhan ini dianggap merupakan yang paling ideal dibandingkan dengan sejumlah pelabuhan lain yang ada di wilayah selatan. Harapannya, visi untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui potensi laut bisa tercipta.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Demi Prabowo, Gerindra Siap Lawan Anies Baswedan di Pilpres 2024

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement