Advertisement

Warga Semanu Dilatih Membuat Pupuk Berbahan Sampah Rumah Tangga

Media Digital
Senin, 21 November 2022 - 18:47 WIB
Budi Cahyana
Warga Semanu Dilatih Membuat Pupuk Berbahan Sampah Rumah Tangga Pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat untuk pembuata pupuk di Kalurahan Semanu, Semanu. Sabtu (19/11/2022). - Istimewa

Advertisement

GUNUNGKIDUL—Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bekerjasama dengan program kemitraan masyarakat Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Masyarakat, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melakukan program pengelolaan sampah. Program pengabdian ini dikhususkan pada Kelompok Pengelola Sampah Mandiri (KPSM) GURAMI Kalurahan Semanu, Gunungkidul, Sabtu (19/11/2022).

Program pengabdian masyarakat ini diketuai oleh Dr. Ir. Tri Budiyanto, M.T. sedangkan anggotanya terdiri dari Endah Utami, S.T., M.T dan Ika Dyah Kumalasari, S.T., M.Sc., PhD.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Adapun program yang diberikan dengan memberikan pelatihan pembuatan pupuk cair dan padat. Bahan yang digunakan memanfaatkan limbah sampah rumah tanggan.

Dosen UAD, Dyah Kumalasari mengatakan, kegiatan ini tidak hanya melibatkan dosen, tapi juga melibatkan mahasiswa yang masih menempuh studi. Yaitu, Handi Darmawan, Nuafal Hadad Fauzan, dan Tsalitsa Hanifa Aninanda dari program studi Teknik Industri dan Program studi teknologi pangan, Isnainul Kusuma dan ArdhiansyahPradana.

“Kegiatan ini juga berkolaborasi dengan Pusat Studi Energi dan Lingkungan UAD,” kata Diyah dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Senin (21/11/2022).

Didalam kegiatan ini tidak hanya memberikan sejumlah pelatihan pembuatan pupuk. Namun demikian, juga ada bantuan alat untuk pengembangan KPSM GURAMI.

“Harapan dari program pengabdian masayrakat ini dapat merancang sistem pengelolaan sampah pada KPSM Gurami. Selain itu, dapat meningkatkan pengetahuan dan kertrampilan dalam pengolahansampah,” katanya. (ADV)

Advertisement

 

 

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Awan Panas Semeru Masih Keluar, BPBD Lumajang Tetapkan Masa Tanggap Darurat 14 Hari

News
| Senin, 05 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement