Advertisement

Medical Charity Run 2022 Wujud Tanggung Jawab Sosial Alumni FKKMK UGM

Media Digital
Senin, 28 November 2022 - 10:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Medical Charity Run 2022 Wujud Tanggung Jawab Sosial Alumni FKKMK UGM Kegiatan Medical Charity Run di FKKMK UGM, Minggu (27/11/2022) - Anisatul Umah/Harian Jogja.

Advertisement

SLEMAN—Fakultas Kedokteran Kesehatan dan Keperawatan (FKKMK) UGM menggelar Meridian 2022 pada 26-27 November 2022. Kegiatan bertajuk 'Alumni Berbagi dan Medical Charity Run-Back to Campus' ini menjadi wujud tanggung jawab sosial alumni FKKMK UGM.

Puncak dari rangkaian acara digelar hari ini, Minggu (27/11/2022) dengan kegiatan charity run kategori 5k dan 10k diikuti sekitar 800-an pelari baik mahasiswa FKKMK, alumni FKKMK, dan masyarakat umum.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Ketua panitia Meridian 2022, Shinta Restu Wibawa mengatakan peserta paling banyak dari FKKMK karena acara ini untuk alumni. Dari uang pendaftaran Rp200.000 kategori 10k dan Rp 175.000 kategori 5k semuanya akan didonasikan untuk yayasan kanker.

"Total yang ikut sekitar 800-an orang. Yang 5k sold out. Kami tekankan ini larinya beda. Lari di sini adalah untuk berdonasi, ini semua akan kami sumbangkan ke yayasan kanker," ucapnya kepada Harianjogja.com, Minggu (27/11/2022).

Tantangan dalam menggelar charity run ini menurut Shinta adalah bagaimana memaksimalkan kepesertaan dari FKKMK, karena ini menjadi bentuk tanggung jawab sosial.

Yayasan kanker dipilih sebagai penerima donasi karena berdasarkan survei, rumah singgah kanker membutuhkan bantuan. Selain itu kanker juga masuk dalam lima besar penyakit yang mematikan.

"Kanker ini kan penyakit mematikan, banyak di Indonesia masuk lima besar. [kami] konsen juga. Di acara ini nanti akan ada juga penampilan dari yayasan kanker," ucapnya.

Harapannya ke depan, kata Shinta, alumni FKKMK dari semua angkatan konsen membantu sesama. Sesuai dengan nama kegiatan Meridian yang artinya garis tengah, diharapkan bisa tercipta keseimbangan bagi yang beruntung dan kurang beruntung.

"Alumni-alumni ini bisa teruskan apa yang diturunkan dari pendahulu-pendahulu, dan ini kan juga membuat kita gak hanya lulus bekerja, dapat uang, tapi tanggung jawab sosial diimplementasikan ke masyarakat dengan membantu sesama."

Salah satu alumni, Ima mengatakan acara ini cukup bagus, tidak hanya lari tapi sekaligus beramal. Dia mengaku sering ikut acara Meridian yang digelar FKKMK. "Lumayan sering ikut. Acaranya bagus," ucapnya singkat. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Otorita IKN Nusantara Bentuk BUMN

News
| Jum'at, 03 Februari 2023, 08:07 WIB

Advertisement

alt

5 Destinasi Dekat Stasiun Lempuyangan

Wisata
| Jum'at, 03 Februari 2023, 12:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement