Advertisement

Longsor di Jalur Wonosari-Jogja Belum Mengganggu Pengiriman Logistik

Abdul Hamied Razak
Selasa, 29 November 2022 - 00:07 WIB
Jumali
Longsor di Jalur Wonosari-Jogja Belum Mengganggu Pengiriman Logistik Ilustrasi - Dok

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Longsor yang terjadi di jalur utama Wonosari-Jogja dinilai belum mengganggu pengiriman logistik ke Gunungkidul dan sekitarnya.

Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) DIY Adi Subagyo mengatakan sejak penutupan pertama pada Oktober lalu dan November kemarin, belum ada kendala yang dihadapi asosiasi untuk mengirimkan logistik ke wilayah Wonosari dan sekitarnya. 

Advertisement

"Selama ditutup dua kali, tidak ada kendala pengiriman. Jadi secara umum penutupan akses utama di sana tidak mengganggu aktifitas pengiriman barang," katanya saat dihubungi Harianjogja.com, Senin (28/11/2022)

Ia mengatakan, saat penutupan jalan dilakukan untuk evakuasi longsoran pengiriman logistik untuk keluar (turun) dari Wonosari memang dialihkan ke jalur lain. Hanya saja untuk pengiriman ke lokasi masih menggunakan jalur utama.

"Pengiriman logistik untuk wilayah Wonosari dan sekitarnya berkirisar antara 10-15% dari total logistik yang dikirim di wilayah DIY. Saat ini kami memiliki 43 anggota," lanjutnya.

Meskipun begitu, Kepala Cabang JNE Yogyakarta tetap mengusulkan agar pemerintah perlu menyediakan jalur alternatif sebagai antisipasi peristiwa serupa kembali terjadi. Alasannya, dampak penutupan akses jalur utama tersebut tidak hanya ke pengiriman logistik tetapi juga ke sektor lainnya seperti pariwisata. 

"Usulannya tetap dibutuhkan jalur alternatif ya karena Wonosari termasuk lokasi destinasi wisata yang cukup diminati dan selayaknya diperlukan akses alternatif yang layak," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement