Advertisement

Dihadiri Kiai hingga Menteri, Sibakul Local Fest Targetkan Rp2,5 Miliar

Sunartono
Rabu, 30 November 2022 - 12:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Dihadiri Kiai hingga Menteri, Sibakul Local Fest Targetkan Rp2,5 Miliar Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi (ketiga dari kiri) menunjukkan sejumlah produk UMKM yang telah lolos kurasi dan akan dipamerkan dalam Sibakul Local Fest, Selasa (29/11/2022). - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Dinas Koperasi dan UKM DIY menggandeng Himpunan Pengusaha Nahdliyin akan menggelar Sibakul Local Fest pada Rabu (7/12/2022) hingga Minggu (11/12/2022). Event bersamaan dengan peringatan 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) ini rencananya dihadiri kiai hingga menteri dan diharapkan mampu menarik sedikitnya 50.000 dengan target transaksi UMKM senilai Rp2,5 miliar.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi menjelaskan dalam upaya mengembangkan UMKM, dinasnya menggandeng banyak pihak termasuk dari Nahdlatul Ulama dalam event pameran peringatan 1 Abad NU. Harapannya dapat memberikan ruang lebih banyak bagi pelaku usaha kecil untuk dapat berkembang.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA : Pemda DIY Akan Perbanyak Event Olahraga untuk Beri Ruang Bagi UMKM

Event ini akan diikuti sekitar 300 UMKM berasal dari kalangan NU maupun binaan Dinas Koperasi dan UKM DIY. Menariknya, semua transaksi dalam pameran tersebut hanya dapat dilakukan secara nontunai menggunakan QRIS. Hal ini akan menjadi kemajuan tersendiri bagi literasi keuangan UMKM di DIY. Saat ini sudah ada sekitar 10.000 UMKM yang sudah menggunakan digital dalam transaksinya.

“Sebanyak 2.600 di antaranya sudah bergabung di Sibakul, mereka punya kartu mitra yang dapat digunakan untuk transaksi nontunai, sudah banyak UMKM yang menggunakan transaksi nontunai,” katanya, Selasa (30/11/2022).

Ketua DPW Himpunan Pengusaha Nahdliyin DIY Wawan Hermawan menambahkan pameran itu memang sengaja mengangkat konsep transaksi digital sehingga semua belanja di stan wajib pakai nontunai. Sehingga pemilik stan tidak melayani transaksi dengan uang tunai. Ia memastikan seluruh UMKM binaan NU DIY telah memiliki perangkat untuk transaksi nontunai tersebut.

“Jumlah pengunjung ditargetkan sekitar 50.000 orang, dengan nilai target nilai transaksi nontunai sekitar Rp2,5 miliar, itu asumsi terendah. Karena di dalamnya ada banyak event yang akan dihadiri seluruh warga NU,” katanya.

BACA JUGA : UMKM DIY Harus Diperkuat Agar Mampu Hadapi Resesi 2023

Rencananya Sibakul Local Fest tersebut akan dibuka olek Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Serta dihadiri Menteri BUMN Erick Thohir yang juga Ketua Panitia Pusat 1 Abad NU dan Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Adapun sektor UMKM yang terlibat terdiri atas teknologi digital, energi terbarukan, fesyen, pariwisata, produk pertanian, industri kreatif serta makanan dan minuman.

“Kemudian ada pengajian akbar oleh Gus Muwafiq dan ini pasti akan menyedot banyak pengunjung yang hadir,” ujarnya.

Ketua Panitia 1 Abad NU DIY Muhammad Mustafid mengatakan peringatan itu sekaligus untuk semangat bagi warga NU dalam berkontribusi membangkitkan perekonomian DIY. Hal ini sejalan dengan berdirinya NU yang berlandaskan pada tiga pilar yaitu politik kebangsaan, gerakan pemikiran dan gerakan ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Duh, Konsumsi Pemerintah Jadi Ganjalan Pertumbuhan Ekonomi di 2022

News
| Senin, 06 Februari 2023, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement