Advertisement

Tegalsari Kulonprogo Menuju Dusun Sentra Jahe

Media Digital
Selasa, 06 Desember 2022 - 19:37 WIB
Bhekti Suryani
Tegalsari Kulonprogo Menuju Dusun Sentra Jahe Pengabdian kepada masyarakat di Dusun Tegalsari, Kulonprogo, Yogyakarta pada hari Sabtu, 10 September 2022 oleh Tim PM Dosen Universitas Ahmad Dahlan - Ist

Advertisement

Kebutuhan rimpang jahe sebagai bahan dasar produksi sediaan herbal dan kosmetika semakin meningkat. Peluang tersebut berusaha ditangkap oleh warga Dusun Tegalsari yang memiliki potensi dalam bidang budidaya tanaman obat keluarga.

Warga berupaya secara terus menerus untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam budidaya tanaman obat keluarga khususnya penanaman jahe.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Berdasarkan kebutuhan masyarakat tersebut maka dilaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Dusun Tegalsari, Kulonprogo, Yogyakarta pada hari Sabtu, 10 September 2022 oleh Tim PM Dosen Universitas Ahmad Dahlan dan dibantu oleh 4 orang mahasiswa. Tim Dosen yang diketuai oleh Dr. Nining Sugihartini, M.Si., apt dari Fakultas Farmasi, dengan anggota Dr. Erna Astuti dari Fakultas Teknik Kimia dan Zainab, M.Si., apt dari Fakultas Farmasi.

Kegiatan pengabdian masyarakat kali ini mengusung tema “Pendampingan Budidaya Tanaman Jahe di Dusun Tegalsari Kulon Progo sebagai Bahan Baku Sediaan Obat Herbal” yang merupakan kelanjutan dari pengabdian tahun sebelumnya. Acara dimulai sambutan dari kepala Dusun Tegalsari Bapak Sajulianta yang menyampaikan tentang potensi TOGA di Dusun Tegalsari dan antusiasme warga menyambut kegiatan PM ini.

Selanjutnya paparan materi tentang budidaya jahe yang diberikan oleh pakar budidaya jahe bapak Dr. Joko Santosa, M.Si. dari Fakultas Farmasi UGM. Diskusi dilanjutkan dengan rencana tindak lanjut penanaman jahe, jenis jahe serta area tanam yang akan menjadi lahan penanaman.

Kegiatan mulai dari pemilihan bibit, penanaman dan pemanenan didampingi oleh timpengabdi sehingga diharapkan warga dapat memperoleh ilmu dan ketrampilan menanam jahe dengan baik yang akan berimbas pada peningkatan jumlah hasil panen serta kualitas rimpang jahe memenuhi ketentuan. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Duh, Konsumsi Pemerintah Jadi Ganjalan Pertumbuhan Ekonomi di 2022

News
| Senin, 06 Februari 2023, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement