Advertisement

Mahfud MD Jadi Dewan Penasehat Pengurus Keluarga Madura Yogyakarta

Sunartono
Rabu, 07 Desember 2022 - 07:47 WIB
Budi Cahyana
Mahfud MD Jadi Dewan Penasehat Pengurus Keluarga Madura Yogyakarta Bupati Bantul Abdul Halim Muslih (tengah) saat pelantikan pengurus Keluarga Madura Yogyakarta. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Menko Polhukam Profesor Mahfud MD masuk dalam jajaran kepengurusan Keluarga Madura Yogyakarta (KMY) sebagai anggota dewan penasehat yang baru saja dilantik untuk kepengurusan periode 2022-2027. Selain Mahfud, ada Profesor Malik Madaniy yang juga dikenal sebagai tokoh Jogja.  

Ketua Umum KMY Jugil Adiningrat mengatakan Jogja sejak masa perjuangan berdirinya Indonesia memiliki semangat gotong royong dan menjadi pemersatu suku bangsa hingga saat ini. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA : Mahfud MD Klaim 98 Persen Masyarakat Siap Beralih

Organisasinya akan memulai sejumlah langkah kecil agar memberikan konstribusi terutama bagi Jogja, seperti merawat tradisi, bersinergi antara organisasi dan instansi sehingga menjadi kekuatan Bersama. “Kami sepakat untuk merawat tradisi, bersinergi dengan semua dengan ormas dan instansi sehingga menjadi langkah dan kekuatan besar dalam membangun negeri,” katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (6/12/2022).

Ia mengatakan pelantikan pengurus KMY telah digelar pada Sabtu (3/12/2022) lalu.  Di bawahnya ada Forum Silaturahmi Cendekiawan KMY, Forum Silaturahmi Niagawan KMY, LBH Arya Wiraraja KMY, dan Forum Silaturahmi Mahasiswa KMY yang meliputi empat Kabupaten yaitu korda Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep. “Di KMY, Profesor Malik Madany [Guru Besar UIN Sunan Kalijaga] bertindak sebagai Ketua Dewan Penasehat dan Profesor Mahfud MD [Menko Polhukam] sebagai anggota dewan penasehat,” ujarnya.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menilai KMY memiliki selama ini memiliki kontribusi untuk DIY termasuk Bantul. Karena banyak warga Madura yang datang ke Jogja untuk menuntut ilmu. Kuatnya hubungan Madura dan Jogja, sehingga banyak tokoh yang sebenarnya berasal dari Madura namun terkenal di nasional sebagai tokoh yang asal Jogja.

BACA JUGA : Pelaku LGBT & Zina Dijerat Hukum? Mahfud MD Beri Jawaban

“Pak Malik Madany contoh legendarisnya warga Madura di Jogja. Tetapi secara nasional sering disebut tokoh asal Jogja,” katanya.

Sedangkan Profesor Mahfud MD yang kini menjabat sebagai Menkopolhukam memiliki peran penting bagi Jogja. Meski asal Jogja namun sifatnya tetap sesuai dengan budaya Jogja, sehingga sosok Mahfud MD ini layak menjadi inspirasi. “Bahkan Pak Mahfud ini jadi ketua Parampara Praja Ngarsa Dalem [Sri Sultan Hamengku Buwono X],” jelasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Duh, Konsumsi Pemerintah Jadi Ganjalan Pertumbuhan Ekonomi di 2022

News
| Senin, 06 Februari 2023, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement