Advertisement

Diprediksi Bakal Resesi di 2023, Ini Persiapan Pelaku Usaha

Sunartono
Rabu, 07 Desember 2022 - 23:27 WIB
Bhekti Suryani
Diprediksi Bakal Resesi di 2023, Ini Persiapan Pelaku Usaha Para pelaku usaha dalam pertemuan di Jogja. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah pelaku usaha baik skala besar maupun kecil mulai mempersiapkan diri dalam menghadapi kemungkinan terjadinya resesi global di 2023 mendatang. Akan tetapi ada beberapa pengusaha yang memiliki untuk tetap optimistis bahwa Indonesia akan mampu menghadapi kondisi resesi tersebut dengan baik.

Mengingat saat ini telah memiliki pengalaman dalam menghadapi pandemi, selain itu banyak pelaku usaha yang mulai kreatif dalam menghasilkan suatu karya atau produk sehingga menjadi nilai lebih dalam bertahan menghadapi krisis.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA : Perekonomian di Bawah Ancaman Resesi 2023

“Memang diperkirakan banyak kalangan bahwa 2023 akan terjadi resesi global, namun sebaiknya, justru menyambut tahun 2023 sebagai tahun yang penuh dengan peluang dan kesempatan,” kata Presiden Komisaris Halal Network Indonesia di Jogja, Rabu (7/12/2022).

Ia menilai tahun 2023 memang penuh tantangan bagi pelaku usaha, namun perlu menyikapi isu tersebut secara bijak dengan tidak melihatnya sebagai suatu persoalan yang membahayakan. Akan tetapi harus direspons dengan inovasi dan kreativitas. Hal itu pernah dibuktikannya selama masa pandemi sehingga mengalami peningkatan omzet yang signifikan. “Inovasi akan menjadi kunci dalam menghadapi kondisi saat ini,” ujarnya.

Berdasarkan pengalaman resesi tahun 1998 di Indonesia, banyak orang yang menjadi ahli bisnis muncul di era 98 itu karena mereka terus bergerak melakukan inovasi dengan memanfaatkan peluang saat resesi terjadi. Oleh karena itu dalam menyambut 2023 ia telah berencana mengeluarkan sejumlah produk di pasaran. Selain itu, di semester kedua 2023, secara resmi akan menyelesaikan pembangunan Plaza.

“Saat ini kita bisa melihat contoh nyata seperti Chairul Tanjung, Sandiaga Uno, mereka memutuskan tidak diam saat resesi terjadi. Artinya ketika resesi kita sambut dengan gembira tentunya dengan meningkatkan kualitas layanan,” katanya Presiden Direktur HNI Agung Yulianto.

BACA JUGA : UMKM DIY Harus Diperkuat Agar Mampu Hadapi Resesi 2023

Rangkaian Road Show HNI digelar di lima kota di Indonesia yaitu Surabaya, Medan, Padang, DIY, dan Jakarta. Di Jogja, acara tersebut digelar di Grand Pacific Hall, yang dihadiri oleh 3.000 peserta berasal dari Jogja dan sekiatarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jasad Pasutri asal Karanganyar Ditemukan Mengapung di Sungai Bengawan

News
| Senin, 30 Januari 2023, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement