Advertisement

Pengajian dan Semaan Al-Qur'an Awali Rangkaian Pernikahan Kaesang-Erina

Lugas Subarkah
Kamis, 08 Desember 2022 - 17:07 WIB
Budi Cahyana
Pengajian dan Semaan Al-Qur'an Awali Rangkaian Pernikahan Kaesang-Erina Erina Gudono dan keluarga dalam seaman Al-Quran, di kediamannya, Kamis (8/12/2022) - Istimewa/Tim Media Pernikahan Kaesang/Erina

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Rangkaian acara pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono dimulai dengan seaman Al-Qur’an dan pengajian yang digelar di rumah calon mempelai wanita di Sleman, Kamis (8/12/2022).

Dalam acara pengajian tersebut, digelar semaan Al-Qur'an atau tradisi membaca dan menyimak pembacaan ayat suci Al-Qur'an. Keluarga mengundang sejumlah santri dari pondok pesantren serta para tetangga dan kerabat dekat keluarga mempelai.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Calon mempelai wanita, Erina Gudono, duduk diapit oleh sang ibu Sofiatun Gudono dan kakaknya, Allen Gudono. Erina mengenakan pakaian berwarna abu muda, lengkap dengan kain penutup kepala berwarna senada.

Paman Erina, Muhaimin, menjelaskan semaan 30 juz Al-Qur'an dilakukan oleh 15 tim yang masing-masing mengkhatamkan dua juz. "Semaan 30 juz, terdiri atas 15 tim, nanti satu tim dua juz. Durasi kurang lebih maksimal dua jam selesai. Setelah itu tutup doa," ujarnya.

Dalam pengajian tersebut juga disiapkan air yang akan digunakan dalam siraman keesokan harinya. Keluarga berharap dengan pengajian tersebut seluruh rangkaian prosesi pernikahan Kaesang dan Erina bisa berjalan dengan lancar dan penuh keberkahan.

BACA JUGA: Mantan Bupati Bantul Sri Roso Sudarmo Diutus Kirim Air Siraman ke Solo

"Di situ ngaji itu ada air yang untuk siraman, didoakan, mudah-mudahan semuanya barokah, aman. Air untuk siraman, separuh dikirim ke Solo, separuh untuk Erina di sini setelah dicampur dari beberapa sumber," kata dia.

Salah satu tamu undangan semaan Alquran pernikahan Kaesang-Erina, Siti Muslimah, mengatakan para tamu undangan mendapat bingkisan berupa Al-Qur’an, sajadah dan tasbih. Siti Muslimah adalah  teman pengajian ibu Erina, setiap Kamis sore di Masjid Annur, Jombor.

Dalam acara tersebut, Siti Muslimah diminta untuk menyimak khataman Al-Qur’an. Ia merasa bangga dan ikut senang bisa diundang dalam rangkaian pernikahan Kaesang-Erina. Ia pun turut mendoakan agar pernikahan keduanya berjalan lancar. "Semoga acaranya sukses dan lancar," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bappenas Apresiasi Ganjar Pranowo terkait Penyusunan RPD dan RKPD

News
| Sabtu, 04 Februari 2023, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Kemegahan Desa Wisata Karangrejo Borobudur Menyimpan Kisah Menarik Bersama Ganjar

Wisata
| Sabtu, 04 Februari 2023, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement