Advertisement

Surya Paloh hingga Gus Miftah Tak Hadiri Pernikahan Kaesang-Erina, Ini Alasannya...

Hesti Puji Lestari
Sabtu, 10 Desember 2022 - 19:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Surya Paloh hingga Gus Miftah Tak Hadiri Pernikahan Kaesang-Erina, Ini Alasannya... Kaesang Pangarep dan Erina Gundono

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Di balik puluhan orang penting yang hadir di pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, ada beberapa tokoh yang memutuskan untuk tidak menghadiri hajat mantu ketiga Presiden Joko Widodo tersebut. 

Prosesi pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, sudah dilaksanakan sejak kemarin, Jumat, 9 Desember 2022. Sementara akad nikah Kaesang-Erina akan dihelat di Pendopo Abarrukmo, Sleman, DIY pada, Sabtu, 10 Desember 2022 siang WIB.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Prosesi akan dilanjutkan dengan acar bertajuk Ngunduh Mantu oleh Presiden Joko Widodo di Solo, Jawa Tengah pada Minggu, 11 Desember 2022 mulai pagi WIB.

Pernikahan Kaesang dan Erina menjadi salah satu acara akbar di Solo dan Jogja akhir tahun ini. Bahkan sampai dijadikan festival budaya.

Ketua Panitia Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Erick Thohir mengatakan di Solo, Jawa Tengah, pernikahan ini akan menjadi salah satu upaya untuk kembali membumikan adat istiadat yang sudah ada di berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga: Kaesang dan Erina Akan Diarak Pakai Kereta Kencana, 12 Kereta Kuda Dipersiapkan

“Yang akan kita lakukan di Pernikahan Kaesang – Erina ini adalah Festival Budaya. Dimana kita membumikan kembali Pernikahan yang selama ini selalu Kebarat – baratan, agar kembali ke adat istiadat kita. Nah nanti (dalam prosesi Ngunduh Mantu Kaesang – Erina) akan digelar di Loji Gandrung yang akan diisi oleh proses Adatnya. Adapun di Pura Mangkunegaran, akan dilangsungkan Tasyakuran,” ujar Erick.

Rangkaian Festival Budaya tersebut didesain untuk mengajak keterlibatan warga Solo agar ikut hanyut dalam kebahagiaan yang dirasakan oleh kedua pengantin.

Meski menjadi acara akbar, namun ada juga beberapa tokoh penting yang memutuskan tidak datang di hajat Presiden Jokowi ini.

Berikut ini adalah beberapa tokoh yang tidak datang ke nikahan Kaesang-Erina, lengkap dengan alasannya:

1. Surya Paloh

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, tidak datang ke acara nikahan Kaesang-Erina karena sedang berada di Jerman untuk berobat.

2. Rizal Ramli

Mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini juga tidak datang karena memiliki agenda yang sama di Riau.

Rizal Ramli bahkan sudah meminta izin kepada Gibran Rakabuming Raka melaluk Twitter.

3. Gus Miftah

Gus Miftah juga menulis cuitan jika dirinya tidak bisa datang ke acara nikahan Kaesang-Erina karena sedang berada di Eropa.

"Terima kasih bapak Presiden @jokowi atas undangan resepsi pernikahan bro @kaesangp dan @erinagudono, dengan sangat menyesal dan bersedih belum bisa datang karena posisi saya masih di Eropa," tulis Gus Miftah.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Akan Tetapkan Vaksin Booster Berbayar Rp100.000

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement