Advertisement

Libur Nataru, Wisatawan Dilarang Melintas Jalur Cinomati

Ujang Hasanudin
Minggu, 11 Desember 2022 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
Libur Nataru, Wisatawan Dilarang Melintas Jalur Cinomati Mobil rombongan keluarga yang tak kuat menanjak di jalur Cinomati, Kamis (5/5/2022). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Perhubungan Bantul sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk menyambut wisatawan selama libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru mendatang. Salah satunya dengan menempatkan petugas gabungan di Jalur Cinomati.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Bantul, Sri Harsono mengatakan untuk menuju kawasan wisata Puncak Becici dan Pinus Pengger di Dlingo biasanya wisatawan akan diarahkan melalui jalur Cinomati jika mencari jalur melalui google map.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Namun demikian pihaknya tidak merekomendasikan wisatawan untuk melintasi jalur tersebut karena banyak tanjakan curam dan kondisi jalan juga sempit sehingga sangat membahayakan. “Nanti kita akan pasang papan pengumuman sebelum masuk jalur Cinomati supaya wisatawan tidak lewat situ,” katanya, saat dihubungi Minggu (11/12/2022).

Ia menyarankan agar wisatawan atau warga yang hendak ke Dlingo dan Gunungkidul untuk melintasi Jalan Imogiri-Mangunan yang jalannya luas dan aman untuk dilintasi. Selain itu, Harsono juga mengimbau kendaraan berat seperti bus dan truk tidak melintasi Jalan Jogja-Wonosari khususnya di perbatasan Piyungan Bantul dan Patuk Gunungkidul karena rawan longsor.

“Jalur patuk menuju wonosari hanya untuk kendaraan pribadi dan sepeda motor. Kalau untuk bus dan truk diarahkan ke jalan Piyungan-Prambanan ke Bayat menuju Klaten,” katanya.

Lebih lanjut Harsono mengatakan rekayasa lalu lintas selama libur Nataru juga dilakukan di Jalan Parangtritis untuk menghindari antrean kendaraan di depan Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Induk Parangtritis.

Menurutnya, jika sudah terjadi antrean kendaraan di depan TPR Induk Parangtritis, maka kendaraan menuju Parangtritis atau dari arah utara ke selatan akan dialihkan menuju sempalan Pundong yang ujungnya juga sampai di selatan jembatan Kretek I. Khusus untuk malam tahun baru, kata dia, Jalan Parangtritis juga diberlakukan satu arah ke selatan atau ke arah pantai.

BACA JUGA: Inggris Kalah dari Prancis, Begini Kata Southgate soal Masa Depannya

Sementara untuk jalur pulang, kendaraan akan diarahkan melalui Pantai Depok dan melintasi jembatan Kretek II sampai Jalan Samas kemudian ke arah Jogja. Pihaknya mengaku pada Senin ini akan mengajukan surat permohonan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar Jembatan Kretek II dibuka sementara selama libur Nataru.

“Rencana kita akan buat surat permohonan untuk membuka jembatan Kretek II yang sudah jadi dan belum diresmikan agar sementara bisa dioperasionalkan selama libr Nataru dari Tanggal 23 Desember 2022 sampai 2 Januari 2023,” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Otorita IKN Nusantara Bentuk BUMN

News
| Jum'at, 03 Februari 2023, 08:07 WIB

Advertisement

alt

5 Destinasi Dekat Stasiun Lempuyangan

Wisata
| Jum'at, 03 Februari 2023, 12:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement