Advertisement

DIY Masih Panas, tapi Warga Diminta Waspada Hujan Lebat di Akhir Tahun

Stefani Yulindriani Ria S. R
Rabu, 21 Desember 2022 - 20:17 WIB
Budi Cahyana
DIY Masih Panas, tapi Warga Diminta Waspada Hujan Lebat di Akhir Tahun Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY mengimbau warga DIY mewaspadai angin kencang, hujan lebat, banjir, dan tanah longsor di akhir tahun. Hujan lebat diprediksi turun di akhir tahun meski saat ini cuaca di DIY panas dan hawanya sangat gerah.

Kepala Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantana menyampaikan berdasarkan informasi yang didapatnya dari BMKG, hujan lebat berpotensi turun mulai dari 25 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Lembaga pendidikan dan berbagai organisasi atau komunitas sebaiknya menghindari kegiatan ekstrakurikuler pada Desember-Januari. Jangan lakukan susur sungai," katanya, Rabu (21/12/2022).

Dia juga mengimbau dinas pariwisata di kabupaten maupun kota di DIY berkoordinasi dengan pelaku wisata untuk menginformasikan potensi ancaman bencana di objek wisata.

“Selain itu juga meningkatkan kesiapsiagaan pada kurun waktu tersebut,” katanya. 

Biwara mengharapkan 278 desa tangguh bencana, Pos Induk Tim Reaksi Cepat (TRC), serta Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) dapat meningkatkan kesiapsiagaan bencana di wilayah mereka. 

Lilik Andi Aryanto, Kepala Bidang Penanganan Darurat BPBD DIY, peran destana dalam mitigasi bencana sangat penting.

“Di destana kami mempersiapkan masyarakat untuk mengenali potensi dan menyiapkan sukarelawan, sehingga apabila terjadi bencana, masyarakat bisa bergerak secara mandiri,” ujar Lilik.

BACA JUGA: DIY Dilanda Gerah dan Panas, Ini Penjelasan BMKG

Saat ini, cuaca di DIY terasa lebih gerah dan panas sejak Minggu (18/12/2022), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY menyebut ini dampak dari siklon tropis Darian.

Kepala Kelompok Foreskater BMKG YIA Romadi menjelaskan Siklop Tropis Darian muncul di wilayah Samudera Hindia, Barat Daya Bangka. Menurutnya Siklon Tropis Darian berdampak terhaap penyusutan suplai uap air ke wilayah DIY.

“Sehingga hanya berdampak hujan dengan intensitas ringan sampai hujan intensitas sedang saja,” ucapnya kepada Harianjogja.com, Selasa (20/12/2022).

Cuaca pun menjadi lebih panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dianggap Sukses Kurangi Emisi dari Sektor Kehutanan, Indonesia Terima Rp718 Miliar

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement