Advertisement

DIY Dilanda Gerah dan Panas, Ini Penjelasan BMKG

Anisatul Umah
Selasa, 20 Desember 2022 - 12:27 WIB
Bhekti Suryani
DIY Dilanda Gerah dan Panas, Ini Penjelasan BMKG Ilustrasi. - Antarafoto

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN— Cuaca di DIY terasa lebih gerah dan panas sejak Minggu (18/12/2022) sampai hari ini Selasa, (20/12/2022). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY menyebut ini dampak dari siklon tropis Darian.

Kepala Kelompok Foreskater BMKG YIA Romadi menjelaskan saat ini di wilayah Samudera Hindia, Barat Daya Bangka sedang terjadi siklon tropis Darian. Arah gerakan ke Barat Daya dengan kecepatan 2 knot bergerak menjauhi Wilayah Indonesia.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Dengan pusat kecepatan mencapai 75 knot dan tekanan udara mencapai 962 hPa. Menurutnya fenomena siklon tropis Darian ini memberikan dampak penyusutan suplai uap air ke wilayah DIY.

"Untuk wilayah DIY, yaitu mengurangi suplai uap air, sehingga hanya berdampak hujan dengan intensitas ringan sampai hujan intensitas sedang saja," ucapnya kepada Harianjogja.com, Selasa (20/12/2022).

Lebih lanjut dia menyampaikan, dampak lain yang ditimbulkan dengan adanya siklon tropis ini adalah menyebabkan gelombang tinggi. Gelombang tinggi terjadi di wilayah Jawa termasuk Selatan DIY.

Gelombang diperkirakan bisa mencapai 2,5 meter - 4 meter di perairan Samudera Hindia. "Kondisi ini diperkirakan hingga tiga sampai lima hari kedepan," jelasnya.

BACA JUGA: Ini 3 Dusun di Bantul yang Terkena Tol Jogja YIA

Berdasarkan data prakiraan cuaca BMKG DIY di beberapa tempat wisata untuk besok, Rabu (21/12/2022) yakni Malioboro-Tugu pagi cerah berawan, siang hujan ringan, dan malam berawan. Merapi-Kaliurang pagi berawan, siang hujan petir, dan malam berawan.

Prambanan siang cerah berawan, siang hujan ringan, dan malam berawan. Pantai Glagah - Congot pagi cerah berawan, siang berawan, dan malam hujan ringan.

Perbukitan Menoreh pagi cerah berawan, siang hujan ringan dan malam hujan ringan. Pantai Depok- Parangtritis pagi cerah berawan, siang berawan, dan malam hujan ringan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Wisata Plunyon Merapi Kembali Dibuka

Wisata Plunyon Merapi Kembali Dibuka

Jogjapolitan | 5 hours ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Musyawarah Rakyat Tempatkan Airlangga di Tiga Besar Bersama Ganjar & Prabowo

News
| Kamis, 02 Februari 2023, 22:57 WIB

Advertisement

alt

3 Tempat Dingin di Sleman, Cocok Buat Healing

Wisata
| Kamis, 02 Februari 2023, 12:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement