Advertisement

Ini 3 Dusun di Bantul yang Terkena Tol Jogja YIA

Ujang Hasanudin
Selasa, 20 Desember 2022 - 09:27 WIB
Bhekti Suryani
Ini 3 Dusun di Bantul yang Terkena Tol Jogja YIA Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pembangunan tol Jogja Yogyakarta International Airport (YIA) berdampak ke sejeumlah wilayah di Bantul. Pemerintah menyebut, puluhan rumah di tiga dusun atau perdukuhan di Kalurahan Argomulyo, Kapanewon Sedayu, Bantul, bakal terkena jalur Tol Jogj YIA.

Ketiga dusun di Kalurahan Argomulyo yang dilewati Tol Jogja YIA adalah Panggang, Srontakan, dan Samben. Kepala Dusun Panggang, Wahyu Joko Triyono, mengatakan tol akan melalui 179 bidang lahan. “Rumah yang terkena itu sekitar 60, sisanya sawah,” katanya, seusai mengikuti Sosialisasi Rencana Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo di Aula Balai Kalurahan Argomulyo, Sedayu, Bantul, Senin (19/12/2022).

Advertisement

Tempat ibadah seperti masjid dan musala serta saluran irigasi juga dilewati tol. Kepala Dusun Srontakan, Sunaryo, mengatakan ada 32 rumah yang akan terkena proyek Tol Jogja YIA. 

Lurah Argomulyo Bambang Sarwono mengatakan sosialisasi awal rencana pengadaan tanah untuk Tol Jogja YIA di Argomulyo berjalan lancar. Namun sosialisasi tersebut baru sebatas informasi awal dan yang dilanjutkan dengan konsultasi publik. Ia juga meminta kepada pelaksana jalan tol untuk tetap mengganti lahan atau sisa lahan yang terjepit dan tidak bisa dimanfaatkan warga.

BACA JUGA: Harga Beras Naik, Mentan: Sekali-kali lah Enggak Apa-apa

Dian Hardiyansyah, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Solo-Yogyakarta-Kulonprogo, Kementerian PUPR, mengatakan Tol Jogja YIA memiliki panjang kurang lebih 38,75 kilometer dan melewati tiga kabupaten di DIY, yakni yakni Sleman, Bantul dan Kulonprogo.  Tol Jogja YIA dimulai dari Tirtoadi Sleman dan berakhir di YIA. Trase tol ini membutuhkan lahan sekitar 5 juta meter persegi yang berada di 6.173 bidang

“Di Bantul, Tol Jogja Solo membutuhkan 272.044 meter persegi di Kalurahan Argomulyo dan 114.537 meter persegi di Kalurahan Argosari,” katanya.

Tol Jogja YIA dirancang memiliki empat exit toll di Gamping, Sentolo, Wates, dan Bandara YIA. Sementara, dua rest area akan dibangun di Gamping serta di stau lokasi antara Sentolo dan Wates.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement