Advertisement

Ini Alasan Pembangunan Tol Jogja YIA Didahulukan daripada Tol Jogja Solo di Ring Road Utara

Lugas Subarkah
Jum'at, 09 Desember 2022 - 06:47 WIB
Budi Cahyana
Ini Alasan Pembangunan Tol Jogja YIA Didahulukan daripada Tol Jogja Solo di Ring Road Utara Pembangunan Tol Jogja Solo. - Istimewa/PT Jogjasolo Marga Makmur

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pembangunan Tol Jogja Yogyakarta International Airport atau YIA akan didahulukan daripada Tol Jogja Solo yang melewati Ring Road Utara.

Tol Jogja Solo terbagi dalam tiga seksi, Seksi I dari Kartasuro sampai Purwomartani, Seksi 2 dari Purwomartani sampai Gamping dan melewati Ring Road Utara Jogja, sedangkan Seksi 3 dari Gamping sampai YIA atau dikenal dengan nama Tol Jogja YIA.

Advertisement

BACA JUGA:  Simak! Ini Barang Paling Laris saat Ramadan-Lebaran versi Tokopedia

Pembangunan Tol Jogja YIA sudah memasuki tahap persiapan, tepatnya sosialisasi kepada warga terdampak yang sudah dimulai pada 5 Desember lalu untuk wilayah Sleman. Sosialisasi sudah digelar di tiga lokasi, yakni Kalurahan Nogotirto, Banyuraden, dan Ambarketawang.

Perwakilan dari JMM, perusahaan pembangun Tol Jogja Solo, dalam sosialisasi di Kalurahan Ambarketawang, Hamim, mengatakan Seksi 3 didahulukan untuk memberi akses cepat warga Jogja ke YIA dan sebaliknya.

“Ekonomi tumbuh apabila memanfaatkan fasilitas masing-masing,” ungkapnya, Kamis (8/12/2022).

Dengan empat pintu keluar tol yang tersebar di Gamping, Sentolo, Wates, dan YIA, mobilitas dari dan menuju YIA diperkirakan dapat dipersingkat menjadi hanya 15-20 menit. Hal ini juga memudahkan wisatawan luar daerah yang datang dari YIA untuk masuk ke Jogja.

Sementara, sosialisasi di Nogotirto mencakup warga terdampak dari tiga kalurahan yakni Tirtoadi, Trihanggo dan Nogotirto dengan total 304 bidang. Sosialisasi di Banyuraden untuk warga Banyuraden dengan jumlah 254 bidang dan sosialisasi di Ambarketawang dengan jumlah 427 bidang.

BACA JUGA: Unisa, UNU, Unjaya, RS Queen Latifa di Ring Road Barat Akan Terkena Tol Jogja YIA

Setelah itu, sosialisasi akan dilanjutkan pada 12-14 Desember di Kalurahan Balecatur, lalu Omah Tinom untuk warga terdampak dari Kalurahan Sidoarum, Sidomulyo dan Sidokarto, serta di Gor Sumberrahayu untuk warga Kalurahan Sumberrahayu.

Sosialisasi lalu dilanjutkan untuk wilayah Sedayu, Bantul, pada 19 dan 20 Desember. Izin penetapan lokasi atau IPL baru bisa diterbitkan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, setelah tahap sosialisasi dan konsultasi publik selesai tanpa ada penolakan dari warga terdampak.

Tol Jogja-YIA ini akan menjadi ruas tol Jogja-Solo wilayah DIY pertama yang dibangun konstruksinya pada kuartal IV 2023 atau awal 2024, setelah konstruksi seksi 1 wilayah Jawa Tengah selesai. Setelah tol Jogja-YIA, konstruksi baru dilanjutkan ke seksi 1 wilayah DIY dan seksi 2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Faisal Basri: Pak Jokowi Sebaiknya Fokus Tidak Menambah Buruk Kondisi

News
| Senin, 05 Juni 2023, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Pengin Nikmati Air Terjun Swiss dan Kebun Tulip ala Belanda, Objek Wisata Ini Cocok untuk Anda

Wisata
| Senin, 05 Juni 2023, 17:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement