Advertisement

Unisa, UNU, Unjaya, RS Queen Latifa di Ring Road Barat Akan Terkena Tol Jogja YIA

Lugas Subarkah
Kamis, 08 Desember 2022 - 18:17 WIB
Budi Cahyana
Unisa, UNU, Unjaya, RS Queen Latifa di Ring Road Barat Akan Terkena Tol Jogja YIA Proyek Tol Jogja Solo. - JIBI/Bisnis.com/Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sejumlah kampus, rumah sakit, dan sekolah di pinggir Ring Road Barat, Gamping, Sleman, akan terkena Tol Jogja YIA. Tol Jogja YIA akan dibangun sepanjang 38,57 km, mulai dari Junction Sleman di Kecamatan Mlati hingga berakhir di Yogyakarta International Airport atau YIA, Kulonprogo.

Selepas dari Junction Sleman, Tol Jogja YIA akan melintasi Ring Road Barat dengan desain elevated atau melayang. Jalan tol yang melewati Ring Road Barat dimulai dari Kalurahan Trihanggo, Nogotirto, Banyuraden, hingga Ambarketawang. Sepanjang jalur tersebut terdapat sejumlah fasilitas pendidikan seperti kampus Universitas Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta, SMPN 3 Gamping, Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta dan Universitas Jendral Achmad Yani Yogyakarta atau Unjaya..

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Selain itu terdapat pula Rumah Sakit Umum Queen Latifa dan Kompi Kaveleri Kodam IV/Diponegoro yang berada di sisi timur ring road. Dengan kebutuhan lebar lahan 30 meter, lahan di kanan kiri ring road masing-masing akan terdampak sekitar 4,5 meter.

Pejabat Humas Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Rachmat Jasiman, menjelaskan sejumlah kampus, sekolah, dan rumah sakit akan terdampak Tol Jogja Solo. “Kemungkinan bisa saja terkena, tapi untuk saat ini kami masih harus menunggu terlebih dahulu IPL [izin penetapan lokasi],” ujarnya, Kamis (8/12/2022).

BACA JUGA: Melayang di Atas Ring Road Barat, Lebar Jalan Tol Jogja YIA Mencapai 30 Meter

Menurutnya untuk mengetahui secara pasti terdampak seberapa luas lahan tersebut, perusahaan yang akan membangun Tol Jogja YIA tersebut masih harus menunggu IPL. “Karena izin penetapan lokasinya belum keluar atau belum dipatok, jadi belum bisa memberikan trase-nya [jalur], nanti kalau sudah keluar IPL-nya atau sudah dipatok baru tahu fix-nya terkena atau tidak,” katanya.

Kabiro Humas dan Protokol Unisa Yogyakarta, Sinta Maharani, mengatakan kampur Unisa Yogyakarta akan terkena pembangunan Tol Jogja YIA, meski tidak pada gedung utama. “Iya [terdampak]. Cuman bukan area kampus utama, tapi di lahan yang masih kosong,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petinggi Golkar Curiga Ada Pihak Ingin Amandemen UUD 1945

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement