Advertisement

Melayang di Atas Ring Road Barat, Lebar Jalan Tol Jogja YIA Mencapai 30 Meter

Lugas Subarkah
Rabu, 07 Desember 2022 - 18:47 WIB
Bhekti Suryani
Melayang di Atas Ring Road Barat, Lebar Jalan Tol Jogja YIA Mencapai 30 Meter Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Proses persiapan pembangunan tol Jogja-YIA terus berlanjut. Desain tol yang dimulai dari junction atau simpang susun Sleman di Tirtoadi hingga YIA Kulonprogo itu akan melintasi Ringroad Barat secara elevated atau melayang. Beberapa lahan di sekitarnya pun terdampak.

Otoritas kontraktor proyek tol, Humas Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Rachmat Jasiman, menjelaskan lebar jalan tol yang ada di atas Ringroad yakni totalnya 30 meter. “Kebutuhan lahan totalnya kurang-lebih 30 meter, sedangkan lebar jalan 25 meter,” ujarnya, Rabu (7/12/2022).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Lebar lahan yang dibutuhkan tersebut melebihi lebar ruas Ringroad. Jika lebar Ringroad sebesar 21 meter, maka di kanan dan kiri Ringroad masih dibutuhkan masing-masing 4,5 meter untuk proyek tol Jogja-Solo seksi 3 ini, sehingga setiap lahan dan bangunan dengan jarak tersebut dari Ringroad di trase yang sudah ditentutkan akan terdampak.

BACA JUGA: UMK Kabupaten/Kota di DIY Ditetapkan, Ini Besaran dan Total Kenaikannya

Jalan tol yang melintasi Ringroad ini dimulai dari Kalurahan Trihanggo, kemudian Nogotirto, melewati simpang empat Demak Ijo, kemudian Banyuraden, lalu berbelok di Ambarketawang sebelum memasuki Jalan Wates. Setelah belokan tersebut terdapat pintu keluar tol pertama yang mengarah ke Jalan Wates di sebelah selatan.

Sosialisasi pembebasan lahan juga masih berlanjut pada Rabu (7/12/2022). Kali ini pemilik dari sebanyak 427 bidang dengan total luasan 16,7 hektare lahan terdampak menjadi sasaran sosialisasi. Dalam sosialisasi hari ke tiga di wilayah Sleman ini, tidak ada penolakan atau keberatan dari warga.

Perwakilan dari JMM dalam sosialisasi ini, Hamim, menuturkan wilayah Ambarketawang berada sebelum pintu keluar Gamping. tol Jogja-YIA memiliki jarak 38,57 Km, sehingga dengan estimasi kecepatan 100 km/jam, warga Jogja dapat ke YIA hanya dalam 15-20 menit.

“Lebar jalan di sesi 3 ini desainnya untuk 100 km/jam. Artinya dengan kecepatan 100 km/jam masih nyaman. Tapi ada juga tol yang hanya didesain dengan kecepatan 80 km/jam. Untuk jumlah lajur 2X2. Nanti dinyatakan layak untuk penambahan lajur baru 2X3, artinya sisi kiri tiga, sisi kanan tiga,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Bikin Paspor Langsung Jadi dalam Sehari Bayar Lagi Rp1 Juta, Sah atau Tidak?

News
| Senin, 06 Februari 2023, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement