Advertisement

Libur Nataru, KAI Daop 6 Jogja Kerahkan Ribuan Pegawai untuk Amankan Stasiun

Triyo Handoko
Kamis, 22 Desember 2022 - 17:37 WIB
Budi Cahyana
Libur Nataru, KAI Daop 6 Jogja Kerahkan Ribuan Pegawai untuk Amankan Stasiun Anggota Polisi K9 memeriksa kawasan Stasiun Jogja menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2023 pada Kamis (22/12/2022). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Menyambut libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), PT KAI Daop 6 Jogja membuka posko dengan mengerahkan 1.940 pegawai dan 485 petugas pengamanan serta 58 personel dari TNI dan Polri. Posko dan pengerahan pegawai dan staf keamanan tersebut akan dimaksimalkan untuk pelayanan stasiun dan keselamatan penumpang.

Posko sudah diperasikan Daop 6 pada Kamis (22//12/2022) di Stasiun Tugu. Pokso libur Natru tersebut berdiri selama 18 hari, dari 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Manajer Humas Daop 6 Jogja Franoto Wibowo menjelaskan pengamanan dilakukan di atas kereta, stasiun, serta  sepanjang lintas jalur kereta yang rawan tindakan kejahatan. “Seluruh petugas operasional seperti masinis dan asisten masinis siap mematuhi SOP. Para petugas frontliner seperti kondektur dan customer service dipastikan melayani pelanggan dengan sepenuh hati,” jelasnya, Kamis siang.

Pelayanan dan pengamanan yang dilakukan KAI Daop 6 Jogja, jelas Franoto, dilakukan dengan standar operasional prosedur (SOP). “Jadi agar lebih prima sudah ada SOP-nya, tinggal mematuhi itu, termasuk juga protokol kesehatan diberlakukan,” katanya.

BACA JUGA: Dentuman Keras pada Kamis Siang di Gunungkidul Masih Jadi Misteri

KAI juga sudah menyiapkan 10 petugas pemeriksa jalur ekstra, 20 petugas penjaga pintu perlintasan ekstra, dan dua petugas untuk posko di titik-titik rawan. "Petugas tersebut dikerahkan untuk memantau apabila terjadi rintang jalan atau peristiwa luar biasa hebat yang bisa menghambat perjalanan kereta api," ujarnya.

Franoto juga menegaskan KAI telah memastikan keandalan sarana dan prasarana, bersama Kementerian Perhubungan serta memeriksa kelaikan dan kesiapoperasian lokomotif dan kereta untuk memastikan kereta api dalam kondisi prima.

"Dari sisi fasilitas, KAI telah mempersiapkan dengan optimal mulai dari memasuki area stasiun, di atas kereta, hingga keluar area stasiun tujuan. Kebersihan area stasiun, ruang tunggu penumpang, toilet, serta kereta terus dijaga untuk memberikan kenyamanan kepada para pelanggan," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jasad Pasutri asal Karanganyar Ditemukan Mengapung di Sungai Bengawan

News
| Senin, 30 Januari 2023, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement