Advertisement

Hindari Kecelakaan, Dispar Sleman Ingatkan Wisatawan Tak Swafoto di Tempat Berbahaya

Anisatul Umah
Jum'at, 23 Desember 2022 - 16:27 WIB
Arief Junianto
Hindari Kecelakaan, Dispar Sleman Ingatkan Wisatawan Tak Swafoto di Tempat Berbahaya Jip wisata di Lereng Merapi, Sleman. - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman mengingatkan agar wisatawan tidak berswafoto di tempat-tempat berbahaya. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dispar Sleman Ishadi Zayid untuk menciptakan nihil kecelakaan selama libur Natal dan Tahun Baru.

Menurutnya standard operating procedure (SOP) penyelamatan di tempat wisata unggulan dan rawan selalu disiapkan. Misalnya di Lereng Merapi, karena ada potensi lahar dingin dan di Prambanan karena ada potensi tanah longsor.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Kami ingatkan kepada wisatawan, kadang mereka pengen berswafoto di tempat-tempat yang enggak diperkirakan ada kejadian bencana atau kecelakaan. Selain pelaku wisata, wisatawan juga penting dalam menciptakan zero accident," ucapnya, Jumat (23/12/2022).

Dia menjelaskan SOP penyelamatan yang disiapkan seperti jalur evakuasi dan proses evakuasi korban jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sudah ada. Sebagai langkah antisipasi sebanyak 34 early warning system telah dipasang.

BACA JUGA: Amankan Nataru, Segini Jumlah Personel yang Diterjunkan Polda DIY

Keselamatan kata, Ishadi, menjadi yang utama. Oleh karena itu uji kelayakan untuk jip baik di Kaliurang dan Tebing Breksi juga telah dilakukan. Dia juga mengingatkan pengelola jeep selalu mengutamakan keselamatan. "Jangan balapan di jalan karena jip wisata bukan untuk balapan di jalan."

Tidak hanya soal keselamatan, Ishadi juga meminta agar kebersihan diperhatikan. Melalui Surat Edaran No.556/1839 perihal kerja bakti di destinasi jelang Libur Nataru, seluruh pengelola destinasi wisata menggelar kerja bakti serentak, hari ini Jumat (23/12/2022), melibatkan seluruh pelaku wisata dan masyarakat setempat.

Menurutnya aksi kerja bakti dan reresik serentak ini sebagai wujud komitmen kesiapan destinasi wisata. "Melibatkan Dispar dan pelaku wisata yang ada di Sleman. Gerakan ini insyaallah kami lakukan rutin."

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dispar Sleman, Wasita mengatakan seluruh karyawan dan semua petugas lapangan Dispar Sleman ikut dalam kegiatan kerja bakti. Dilakukan di beberapa lokasi seperti Bukit Klangon, Gerbang Retribusi Glagaharjo, Gerbang Retribusi Kepuharjo, Kawasan Tlogo Putri Kaliurang dan lainnya. "Selain itu Dispar Sleman juga menegaskan sebagian personilnya untuk melaksanakan monitoring pentas seni reguler dan monitoring destinasi dalam rangka libur akhir tahun."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

OJK Cabut Izin Bank Bagong

News
| Jum'at, 03 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Pemugaran Candi Perwara Prambanan Bakal Tambah Daya Tarik Wisatawan

Wisata
| Jum'at, 03 Februari 2023, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement