Advertisement

Hadapi Asean Tourism Forum 2023, Jogja Akan Pamerkan Keelokan Sumbu Filosofis

Hadid Husaini
Jum'at, 30 Desember 2022 - 21:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Hadapi Asean Tourism Forum 2023, Jogja Akan Pamerkan Keelokan Sumbu Filosofis Tugu Pal Putih atau Tugu Jogja - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jogja terpilih sebagai tuan rumah dalam ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023. Dalam agenda berskala internasional tersebut para delegasi ATF akan diajak mengelilingi beberapa lokasi wisata bersejarah salah satunya di kawasan Sumbu Filosofi.

Kepala Dinas Pariwiwsata Kota Jogja, Wahyu Hendratmoko, menyampaikan kesiapannya dalam menjamu para tamu dari negara-negara Asean. “Pada perhelatan akbar ini kami beserta kabupaten lain di Daerah Istimewa Yogyakarta [DIY] menyatakan siap dalam ATF 2023,” ujar Wahyu.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Salah satu agenda utama ATF 2023 sendiri adalah  Post Tour dengan mengajak para delegasi mengelilingi sejumlah lokasi. “Ada beberapa hal yang akan kita ajak, kegiatan setelah acara berlangsung dalam rangkaian JOGJA VAGANZA untuk melihat destinasi wisata yang ada di Yogyakarta," katanya. 

Wahyu menyampaikan para tamu delegasi ingin mengetahui story telling tentang Sumbu Filosofi lebih dalam. Alasan tersebut berkaitan dengan Sumbu Filosofis yang dalam waktu dekat akan segera ditetapkan sebagai warisan cagar budaya  oleh UNESCO dalam waktu dekat.

Baca juga: Jumlah Wisatawan ke Bantul sejak Natal Meroket 3 Kali Lipat, Parangtritis Masih Jadi Idola

Beberapa destinasi wisata yang akan disambangi antara lain Tugu Mangkubumi, Malioboro, Kraton, Panggung Krapyak dan Pantai Parangtritis sebagai ujung Sumbu filosofis.

“Di Kraton nanti akan diperlihatkan Taman Sari Water Castle sebagai tempat raja-raja jaman dulu dan terakhir nanti kami ajak ke Pantai Parangtritis sebagai ujung Sumbu Filosofi,” ujar Wahyu.

Selain itu para delegasi ATF 2023 akan diajak berwisata kuliner dengan menikmati makanan dan jajanan khas Jogja. “Mereka akan dipertemukan potential buyer dan seller, Wisata dan tentunya ada kuliner mulai yang ringan hingga berat supaya mereka tahu bahwa Jogja juga punya potensi kuliner,” sambung Wahyu.

Pariwisata di Jogja pada tahun 2023 mengalami peningkatan yang signifikan. Menurut wahyu hal tersebut harus disambut dengan baik agar wisatawan kedepanya bisa Kembali datang ke Yogyakarta secara berkelanjutan. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Simak! Cara Daftar KIP Kuliah 2023

News
| Kamis, 02 Februari 2023, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Traveloka Dorong Digitalisasi Pariwisata di DIY

Wisata
| Kamis, 02 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement