Advertisement

Jumlah Wisatawan ke Bantul sejak Natal Meroket 3 Kali Lipat, Parangtritis Masih Jadi Idola,

M140
Kamis, 29 Desember 2022 - 21:07 WIB
Arief Junianto
Jumlah Wisatawan ke Bantul sejak Natal Meroket 3 Kali Lipat, Parangtritis Masih Jadi Idola, Suasana Pantai Parangtritis, Kamis (29/12/2022). - Harian Jogja/Dwi Cahyanti

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Selama libur Natal 2022 hingga hari ini, Kamis (29/12/2022), kunjungan wisatawan di Kabupaten Bantul mengalami peningkatan hingga tiga kali lipat dari hari biasa.

Tingkat kunjungan hampir merata di sejumlah objek wisata Bantul, akan tetapi Parangtritis masih berada di urutan pertama kunjungan wisatawan paling banyak.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Peningkatan terjadi sejak 20 Desember 2022 lalu, dan diperkirakan kunjungan wisatawan akan terus mengalami peningkatan hingga malam puncak Tahun Baru 2023.

“Dari hasil pengamatan yang tercatat jumlah kunjungan di Bantul mengalami peningkatan hingga tiga kali lipat dari hari-hari biasanya,” ungkap Kasi Promosi dan Informasi Wisata, Dispar Bantul, Markus Purnomo Adi, Kamis.

BACA JUGA: Bersepada Sekaligus Promosi Wisata Bantul

Menurut Markus, jika wilayah kota tidak diguyur hujan sejak sore kunjungan wisatawan akan terus mengingkat hingga malam puncak pergantian Tahun Baru 2023.

“ Malam puncak Tahun Baru diperkirakan, pengunjung akan mulai memenuhi objek wisata sejak pukul 18.00 WIB dan akan terus berdatangan hingga malam hari. Khususnya di Pantai Parangtritis, yang sampai saat ini masih menjadi objek wisata andalan bagi para wisatawan,” kata Ipung, sapaan akrabnya.

Dia mengatakan ada delapan objek wisata di Bantul yang ditarik retribusi, dan sekitar 220 objek wisata lainnya yang tidak ditarik retribusi. Sejak 26-29 Desember jumlah pengunjung di Pantai Parangtritis sekitar 9.000-an setiap harinya.

“Jumlah pengunjung di Pantai Parangtritis sekitar 9.000 pengunjung, belum lagi jumlah pengunjung di tujuh destinasi wisata lainnya. Diperkirakan 31 Desember hingga malam puncak pergantian tahun jumlah wisatawan di Pantai Parangtritis bisa mencapai 30.000-an” ujarnya.

Terlepas dari banyaknya jumlah wisatawan yang akan memenuhi destinasi wisata di Bantul, Markus mengimbau kepada para wisatawan untuk tetap memperhatikan rambu-rambu lalu lintas, jadiah wisatawan yang bijaksana, jagalah kebersihan, dan patuhi rambu-rambu yang ada di destinasi wisata.

“Seperti di Pantai Parangtritis yang terdapat rambu-rambu terutama posisi palung laut, untuk diperhatikan lagi."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Update Covid 5 Februari 2023: Kasus Positif Naik 171, Sembuh 181 & Meninggal 1

News
| Minggu, 05 Februari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Simak! Ini 10 Gunung Termegah di Dunia

Wisata
| Minggu, 05 Februari 2023, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement