Advertisement

Bersepada Sekaligus Promosi Wisata Bantul

Media Digital
Senin, 14 November 2022 - 02:27 WIB
Budi Cahyana
Bersepada Sekaligus Promosi Wisata Bantul Dinas Pariwisata DIY memberikan peralatan kebersihan kepada perwakilan pengelola Pantai Cemara Sewu di Pantai Cemara Sewu pada Minggu (13/11/2022). - Harian Jogja

Advertisement

BANTUL—Dinas Pariwisata (Dispar) DIY bekerja sama dengan Komunitas Jogja Pit Ringkes (JPR) menggelar acara bersepeda bersama dengan tajuk Mangkat Gasik pada Minggu (13/11/2022) di Pantai Cemara Sewu. Acara yang dimulai dari Hotel Grand Inna Malioboro tersebut sekaligus menjadi upaya mempromosikan kawasan selatan Bantul sebagai dukungan atas tema visi-misi Gubernur DIY yaitu Menyongsong Abad Samudera Hindia untuk Kemuliaan Martabat Manusia Jogja.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, mengatakan Gubernur DIY memberikan fokus pada kawasan selatan Kabupaten Bantul.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Secara umum, Bapak Gubernur fokus pada kawasan Pantai Selatan. Sisi selatan ini menjadi prioritas pengembangan. Nah, pariwisata juga harus bisa menangkap itu,” kata Singgih ditemui di Pantai Cemara Sewu pada Minggu, (13/11/2022).

Kawasan Pantai Selatan termasuk Cemara Sewu punya potensi yang bagus untuk dikembangkan menjadi destinasi yang lebih bagus, berkualitas, berwawasan lingkungan berkelanjutan. Terlebih juga Pantai Cemara Sewu dipilih sebagai titik akhir bersepeda karena pantai tersebut cukup dikenal masyarakat dengan kawasan yang luas. Akses dari pusat kota ke Pantai Cemara Sewu pun tidak begitu jauh.

“Permasalah seperti sampah harus kita kurangi atau manage secara baik sehingga keberlangsungan destinasi wisata ini bisa berlangsung lebih lama. Juga berkaitan dengan belum banyaknya event di Kabupaten Bantul sehingga kami ingin Bantul juga meramaikan destinasi wisata ini. Sekaligus agar ekonomi [warga sekitar] ikut naik,” katanya.

Mangkat Gasik diikuti oleh 100 lebih peserta dari berbagai daerah kendati mayoritas berasal dari komunitas sekitar di DIY.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, menegaskan Kabupaten Bantul memiliki beberapa wisata pantai unggulan.

“Cemara Sewu ini memang belum tua. Mungkin tiga atau empat tahun [sejak dibuka]. Tapi dari segi aktivitas dan kekompakan pengelolaan, tanggung jawab masyarakatnya mampu menciptakan suasana destinasi yang relatif cukup bagus untuk dikunjungi baik mass tourism maupun family tourism,” kata Kwintarto ditemui di Pantai Cemara Sewu.

Advertisement

Terlebih, masyarakat sekitar rutin membersihkan pantai sehingga Cemara Sewu tampak bersih dan tertata.

“Tidak salah ketika Mangkat Gasik memilih Cemara Sewu karena hal tersebut juga berimbas pada banyak destinasi. Cemara Sewu in ikan tidak jauh dari Parangtritis yang sudah terkenal lebih dulu. Lalu, ada pantai-pantai baru yang dirintis masyarakat,” katanya.

Hal tersebut menjadi penggerak semangat masyarakat dan pengelola bahwa pariwisata dapat digunakan untuk menyelesaikan persoalan ekonomi atau kesejahteraan.

Advertisement

Kwin mengimbau untuk tetap waspada terhadap Covid-19 kendati masyarakat telah banyak yang menerima vaksin hingga tingkat booster.

“Pesan kami adalah sekalipun Covid-19 ini tidak seganas dulu tetapi paling tidak kepada wisatawan, sebelum berangkat harus memastikan diri tidak memiliki gejala yang relatif memberatkan sehingga datang dalam kondisi sehat, pulang juga sehat dan bahagia,” ucapnya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Semeru Masih Luncurkan Awan Panas

News
| Senin, 05 Desember 2022, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement