Advertisement

Pembobol Rumah Jaksa KPK Ditangkap Sepekan Pascakejadian

Yosef Leon
Selasa, 03 Januari 2023 - 09:37 WIB
Sunartono
Pembobol Rumah Jaksa KPK Ditangkap Sepekan Pascakejadian Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) DIY membekuk terduga pelaku pembobol rumah jaksa KPK yang mencuri sejumlah barang milik korban pada akhir pekan lalu. Kurang lebih satu pekan usai kejadian, tim kepolisian berhasil meringkus terduga pelaku di wilayah Jakarta. 

Kepala Bidang Humas Polda DIY Kombes Pol Yulianto menerangkan, ada dua terduga pelaku yang berhasil diamankan dalam peristiwa pembobolan yang menghilangkan laptop, handphone dan rekaman CCTV di rumah jaksa KPK itu. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA : Dua Tersangka Pembobol Rumah Jaksa KPK di Jogja

"Tim dari Polda DIY telah mengamankan dua orang yang diduga pelaku pencurian dengan korban pegawai KPK," katanya, Senin (2/1/2023) malam kepada wartawan. 

Yulianto menjelaskan, dua terduga pelaku telah dalam perjalanan menuju Jogja bersama petugas kepolisian untuk pemeriksaan lebih lanjut. Pihaknya saat ini tengah mempersiapkan kelengkapan informasi dan juga data pendukung untuk merilis kasus tersebut. 

"Sedang dalam perjalanan ke Jogja. Semoga besok [Selasa] bisa di rilis," ungkapnya.

Sebelumnya Kepolisian Resor Kota (Polresta) Jogja mengklaim sudah mengidentifikasi pelaku pencurian yang membobol rumah seorang jaksa KPK di kawasan Wirobrajan pada Sabtu (24/12/2022). Pelaku diketahui menggunakan kendaraan sepeda motor roda dua saat beraksi menjalankan aksinya yang mengakibatkan sejumlah barang milik korban hilang. 

"Sudah kita identifikasi yang melakukan tindak pidana itu melalui CCTV, kemudian dari beberapa titik yang kita petakan nanti akan kita lakukan juga pemeriksaan lebih lanjut," kata Kapolresta Jogja Kombes Pol Idham Mahdi, Selasa (27/12/2022). 

BACA JUGA : Polisi Dalami Motif Pencurian Laptop Jaksa KPK di Jogja

Idham menyebutkan, dari rekaman CCTV yang diperoleh kesimpulan baru mengarah pada kendaraan yang digunakan oleh pelaku. Pihaknya belum memastikan berapa orang yang terlibat dalam aksi pencurian yang mengakibatkan sejumlah barang milik jaksa tersebut raib. 

"Jumlahnya belum bisa kita simpulkan dan masih dalam pendalaman lagi. Cuma ada beberapa kendaraan yang sudah teridentifikasi," ucapnya. 

Menurut Idham, pelaku pencurian masuk ke dalam rumah korban dengan cara merusak pintu gerbang dan pintu rumah utama. Kemudian membawa sejumlah barang berharga milik korban. Rumah itu diketahui dalam kondisi kosong lantaran ditinggalkan korban berlibur ke Wonogiri. 

"Ada beberapa yang dirusak berupa pintu depan masuk dan gerbang. Barang yang diambil itu laptop dan juga hardisk eksternal, hp serta rekaman CCTV," jelasnya. 

Kasat Reskrim Polresta Jogja AKP Archye Nevadha menyebut, selain menggondol satu unit laptop pencuri juga mengambil satu unit handphone dan juga rekaman CCTV dari rumah korban. "Yang diambil itu tas isinya laptop sama hardisk eksternal kemudian ada DVR CCTV dan HP yang ditaruh di meja juga diambil," katanya. 

Pihaknya telah menggandeng unit Jatanras Polda DIY untuk mengusut motif pelaku melakukan aksi tersebut. Dia juga tidak mau berasumsi terkait dengan dugaan sejumlah berkas yang tersimpan dalam laptop milik jaksa, merupakan data penting yang berkaitan dengan kasus eks Walikota Jogja Haryadi Suyuti seperti yang diutarakan oleh lembaga antirasuah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Simak! Cara Daftar KIP Kuliah 2023

News
| Kamis, 02 Februari 2023, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Traveloka Dorong Digitalisasi Pariwisata di DIY

Wisata
| Kamis, 02 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement