Advertisement

Ada 8 Bidang Tanah Belum Dibebaskan untuk Bangun Jembatan Srandakan 3, Milik Siapa?

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 16 Januari 2023 - 08:57 WIB
Sunartono
Ada 8 Bidang Tanah Belum Dibebaskan untuk Bangun Jembatan Srandakan 3, Milik Siapa? Ilustrasi Jembatan - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI akan membangun Jembatan Srandakan 3 di atas Sungai Progo yang akan menghubungkan Kabupaten Bantul dan Kulonprogo. Saat ini, masih ada delapan bidang tanah di wilayah Kabupaten Kulonprogo yang belum terdata. Sedangkan desain Jembatan Srandakan 3 pun masih dalam tahap review.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Energi Sumber Daya Mineral (PUP ESDM) DIY Anna Rina Herbranti menyampaikan saat ini masih ada delapan bidang tanah di wilayah Kabupaten Kulonprogo yang belum terdata. “Tanah Srandakan kemarin masih ada yang harus dibahas, kira-kira delapan bidang. Kita harus tanyakan dulu ke Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Kulonprogo,” kata Anna, Minggu (15/1/2023). 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA : Jembatan Srandakan 3 Masuk ke Tahap Perancangan

Anna menyampaikan, bila nanti desain Jembatan Srandakan 3 sudah rampung, maka pengadaan tanahnya pun harus dirampungkan, sehingga pembangunan fisik dapat dilakukan. “Kami harus konfirmasi dulu dengan Kabupaten [Kulonprogo],” ucapnya. 

Dia menyampaikan, alasan hingga kini masih ada delapan tanah yang belum rampung pengadaan tanahnya. “Tanahnya itu, dulu ada sebagian yang mungkin belum terdata, ternyata kalurahannya ada yang tanya mengenai lahan tersebut. Sehingga harus di cek ulang lahan tersebut,” ujar Anna. 

Anna menyampaikan delapan bidang tanah tersebut berada di wilayah Kabupaten Kulonprogo. Sehingga ia masih akan memastikan terkait tanah tersebut pada dinas terkait. Mengenai status kepemilikan tanah tersebut, Anna tidak menyampaikan terperinci. “Kalau itu statusnya, kami belum dapat memastikan sekarang,” katanya. 

Anna menyampaikan, terkait tanah tersebut akan dilakukan pembahasan dengan Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Kulonprogo dalam waktu dekat. “Iya [akan dibahas dalam waktu dekat]. Dalam waktu dekat, secepatnya,” ucap Anna. 

Saat ini, menurut Anna desain Jembatan Srandakan 3 masih dalam tahap review. “Jembatan Srandakan 3, masih di-review desain. Sampai sekarang review desainnya belum selesai,” terangnya. 

BACA JUGA : Terbaru, Jembatan Srandakan III di Atas Sungai Progo 

Anna menyampaikan, diperkirakan pertengahan tahun ini desain Jembatan Srandakan 3 akan selesai, “Kemungkinan pertengahan tahun [2023],” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Begini Cara Pangeran Arab Saudi Nikmati Kekayaan

News
| Senin, 06 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement