Advertisement

Terbaru, Jembatan Srandakan III di Atas Sungai Progo Jadi Pelengkap Keindahan Jalur Pansela, Ini Bocoran Desainnya

Sunartono
Selasa, 12 Juli 2022 - 19:17 WIB
Budi Cahyana
Terbaru, Jembatan Srandakan III di Atas Sungai Progo Jadi Pelengkap Keindahan Jalur Pansela, Ini Bocoran Desainnya Ilustrasi jembatan. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun Jembatan Srandakan III yang menghubungkan Kulonprogo dan Bantul di atas Sungai Progo.

Jembatan bukan hanya berfungsi sebagai jalur Pantai Selatan (Pansela) atau Jalur Jalan Lintas Selatan, tetapi juga menawarkan keindahan pantai dan mempermudah akses ke objek wisata.  

BACA JUGA: Bisa Nikmati Keindahan Pansela Jogja, Rest Area di Puncak Kelok 18 Bakal Jadi Favorit Wisatawan

Saat ini, JJLS belum menghubungkan Kulonprogo. Jalan raya tersebut terputus oleh Sungai Progo, dari barat berakhir di Trisik, Desa Kranggan, Kecamatan Galur. Agar JJLS bisa tersambung ke kawasan Pandansimo Dusun Ngentak, Srigading, Kecamatan Srandakan, Bantul, butuh sebuah jembatan penyeberangan. Jembatan yang kelak akan dibangun ini diberi nama Jembatan Srandakan III.

Dilihat dari Google Map, jembatan ini bakal menjadi yang terpanjang di DIY, karena membelah muara Sungai Progo yang cukup lebar. Berdasarkan perkiraan Kementerian PUPR, butuh sekitar 1,7 kilometer untuk menyambungkan JJLS dari Kulonprogo ke Bantul. Jembatan ini bakal berada di dekat pantai. Di Kulonprogo ada Pantai Trisik, sedangkan di Bantul ada Pantai Pandansimo, Pantai Baru dan Pantai Kuwaru.

Satu-satunya akses bagi wisatawan yang berasal dari wilayah barat yang akan berkunjung di kawasan wisata pantai di Bantul saat ini hanya Jembatan Srandakan II yang lokasinya berbatasan dengan Brosot di sisi utara lokasi calon Jembatan Srandakan III. Butuh waktu antara 15 hingga 20 menit untuk menuju wisata pantai di Bantul untuk waktu normal. Jika jembatan Srandakan III ini dibangun, diperkirakan hanya butuh sekitar lima menit saja untuk menuju ke sejumlah pantai di Bantul.

Jembatan ini akan terkoneksi dengan Jembatan Kretek II yang saat ini pembangunannya memasuki tahap finishing. Pemerintah menyebut pembangunan Jembatan Srandakan III masih dalam tahap penyusunan desain. 

“Untuk Srandakan III saat dalam proses penyusunan desain, harapannya dua bulan selesai. Kalau tahun ini targetnya adalah tender selesai, pembangunan fisiknya di tahun depan,” kata Kepala Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah-Yogyakarta Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Javid Hurriyanto, Kamis (7/7/2022).

Javid Hurriyanto mengatakan desain jembatan ini masih dikaji oleh tim perencana. Ada dua alternatif desain yang akan dipakai. Pertama, konstruksi sama dengan Jembatan Kretek II yang berada di atas Laguna Pantai Depok. Kedua, desain menggunakan banyak plengkung.

Jawatannya harus banyak berinteraksi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak  (BBWSSO) karena jembatan dibangun di atas lahan milik BBWSSO. 

Advertisement

"Kami sepenuhnya mengakomodasi masukan dari Pemda DIY terkait kemungkinan ada permintaan khusus terkait desain. Pembangunan jembatan ini butuh anggaran tidak sampai Rp500 miliar," ucap Javid.

“Biasanya ada permintaan dari Pemda DIY nanti perlu ditambah apa, spesifikasi apa, selama ini kami akomodasi request Pemda DIY. Target kami, Pansela akan terhubung semua di pertengahan 2024,” katanya.

Ia berharap Jembatan Srandakan III menjadi daya tarik bagi masyarakat karena berada di kawasan wisata pantai.

Advertisement

BACA JUGA: Wow! Kelok 18 JJLS DIY Akan Dilengkapi Rest Area di Puncak

“Jembatan Srandakan III bisa jadi tempat wisata karena dekat pantai, lokasinya dekat dengan bibir pantai, ada lahan yang akan dimanfaatkan ada semacam taman atau landmark,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas PUP ESDM DIY Anna Rina Herbranti mengatakan Pemerintah Pusat akan meminta masukan dari Pemda DIY, termasuk Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengenai desain Jembatan Srandakan III.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dari Bidang Makanan sampai Kesehatan, 21 CEO Meraih Achievement Award

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement