Advertisement

Dua Siswa SD di Bantul Raih Medali Emas Karate Tingkat Nasional

Ujang Hasanudin
Senin, 16 Januari 2023 - 21:57 WIB
Budi Cahyana
Dua Siswa SD di Bantul Raih Medali Emas Karate Tingkat Nasional Dua siswa kelas IV SDN Karanggondang Bantul, Aldasta Wirawidia Mangkunegara (kiri) dan Darren John Worang Putra Prakoso (kanan) saat menunjukan prestasi kejuaraan karte tingkat nasional. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Keterbatasan fasilitas latihan olahraga karate tidak menghalangi dua siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Karanggondang, di Kalurahan Pendowoharjo, Kapanewon Sewon, Bantul, untuk meraih prestasi. Keduanya yakni Aldasta Wirawidia Mangkunegara, 10 dan Darren John Worang Putra Prakoso, 10.

Meski baru duduk di bangku kelas IV, dua siswa itu merupakan atlet karate dengan segudang prestasi. Berbagai piala dan piagam dari tingkat regional sampai nasional pun pernah disabet oleh keduanya.  Beberapa yang cukup bergengsi contohnya seperti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Kejuaraan Karate Nasional KASAL.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Darren yang berlatih karate sejak usia enam tahun berhasil menjuarai karate pada ajang O2SN dari tingkat kapanewon, kabupaten, provinsi hingga nasional pada 2022 lalu sebagai juara satu dan meraih medali emas. Selain itu anak pasangan dari Vidi Huripto Prakoso dan Mariena Worang ini juga meraih juara satu piala Kasal komite jurus kata dan juara dua komite fight atau bertarung.

BACA JUGA: JJLS di Gunungkidul Ditarget Selesai Tahun Ini

“Senang saja perasaannya dapat juara,” ucapnya saat ditemui di SDN Karanggondang, Senin (16/1/2023).

Darren mengakui untuk latihan tidak cukup hanya di sekolah karena di sekolah keterbatasan ruang latihan yang hanya menggunakan ruang kelas. Itu pun hanya dilakukan setiap pekan dua kali.

Saat berlatih di sekolah, ia bersama teman-temannya harus menyingkirkan bangku dan meja belajar terlebih dahulu ke pinggir ruang kelas. “Selain latihan di sekolah setiap sore saya juga latihan di rumah dengan bimbingan dari pelatih secara online sebelum ikut kejuaraan,” ujar anak kedua dari tiga bersaudara ini.

Aldasta Wirawidia Mangkunegara juga berhasil meraih dua medali emas dalam kejuaraan Piala Kasal 2022 di Jakarta. Anak pasangan dari Kombes Pol Widiatmoko dan Vina Priati Mardiani ini meraih juara kategori kata pra pemula dan komite pemula minimal berat badan 30 kilogram.

Sama dengan Darren, Aldasta juga hanya mengandalkan latihan di ruang kelas yang terbatas. “Karena di kelas terbatas hanya dua kali seminggu, saya latihan juga di rumah setiap sore,” ucapnya.

Dengan prestasi tersebut ia senang sekali karena bisa mengharumkan nama keluarga dan juga nama sekolah.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala SDN Karanggondang Mugiyatmi mengatakan sekolah yang dipimpinnya tersebut belum memiliki fasilitas untuk berlatih karate.

Menurutnya, selama ini para siswa yang ikut dalam ekstrakurikuler tersebut hanya menggunakan sebuah ruangan yang juga digunakan untuk kegiatan belajar mengajar para siswa setiap harinya. Ke depan pihanya berkomitmen untuk meningkatkan fasilitas sekolah yang lebih baik lagi. Sehingga kemudian para siswa yang ikut dalam ekstrakurikuler karate tersebut bisa lebih maksimal dalam berlatih.

“Apalagi dengan prestasi yang diraih oleh Darren dan Aldasta cukup mendongkrak para siswa lain untuk menekuni salah satu cabang olahraga beladiri ini,” katanya.

Pelatih Karate SDN Karanggondang, Sarjana berharap  sekolah bisa memberikan fasilitas yang cukup baik bagi para siswa karena tempat latihan yang baik merupakan salah satu faktor penting agar para siswa bisa meraih prestasi dalam bidang olahraga tersebut. “Minimal tempat latihan itu harus ada matras dan ventilasi udara yang cukup,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Begini Penyebab Parahnya Gempa Bumi di Turki dan Suriah

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement