Advertisement

Perkuat Pengelolaan Desa Wisata, 3 Pokdarwis Ini Dinilai

Hadid Husaini
Selasa, 17 Januari 2023 - 21:47 WIB
Arief Junianto
Perkuat Pengelolaan Desa Wisata, 3 Pokdarwis Ini Dinilai Suasana TPR Parangtritis. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, Bantul – Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul akan menggelar Penilaian Lomba Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) pada Kamis (19/1/2023). Ada tiga pokdarwis akan dinilai kelayakannya dalam mengelola wisata.

Ketiga Pokdarwis tersebut terdiri dari yakni Pokdarwis Pleret Maju (Pleret), Pokdarwis Sapta Langit (Mangunan), dan Pokdarwis Gadingsari (Srigading).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Subkoordinatror Kelompok Subtansi Promosi Kepariwisataan, MarkusPurnomo Adi menyampaikan pada 2023 ada lima Pokdarwis yang sedianya mengikuti perlombaan tersebut, tetapi hanya tiga Pokdarwis yang menyanggupi.

“Berbagai aktivitas pariwisata di kelurahan harus ada Pokdarwisnya, selain lebih aman juga legalitasnya terjamin,” kata Markus pada Senin (17/1/2023) saat dihubungi melalui telepon.

BACA JUGA: Bantul Siapkan Agenda Wisata Besar Tahun Ini, Berikut Daftarnya

Dirinya menyampaikan bahwa Pokdarwis sebagai motivator dan pengarah dalam menjalankan aktivitas pariwisata. Menurut Markus, dengan adanya Pokdarwis, berbagai urusan terkait kebutuhan pengelolaan dan pengembangan pariwisata menjadi lebih mudah. “Misalnya mereka butuh modal, nah itu nanti pasti ditanya legalitasnya baik dari Kabupaten maupun Dispar DIY,” ujar Markus

Markus menyampaikan bahwa pihaknya tidak akan memberikan rekomendasi dalam pengembangan Desa Wisata yang belum memiliki Pokdarwis kara secara legal formal masih belum memenuhi syarat.

Dirinya berharap dengan diadakannya Penilaian Lomba Pokdarwis tersebut dapat memunculkan pokdarwis lain dalam upaya mengembangkan pariwisata berbasis desa. “Kalau ada pengelolaan yang kurang pas, pokdarwis boleh mengingatkan,” kata Markus.

Dispar Bantul juga giat menjalin hubungan dengan setiap Kelurahan yang belum memiliki Pokdarwis di masing-masing wilayah sebagai langkah awal untuk melegalkan seluruh aktivitas wisata. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Update Covid 5 Februari 2023: Kasus Positif Naik 171, Sembuh 181 & Meninggal 1

News
| Minggu, 05 Februari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Simak! Ini 10 Gunung Termegah di Dunia

Wisata
| Minggu, 05 Februari 2023, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement